12 Fitur Baru Wajib Coba di iOS 12

Apakah kamu sudah mengunduh update iOS 12? Secara tampilan mungkin memang tidak banyak perubahan yang akan kamu temukan. Namun sebetulnya update iOS 12 menyimpan banyak sekali fitur baru dan juga beberapa perbaikan.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi sejumlah fitur baru dan perbaikan yang ada di iOS 12 untuk segera kamu coba. Yuk simak langsun!

12 Fitur Baru Wajib Coba di iOS 12

1. Group Notifications

Kumpulan pemberitahuan atau notifikasi di iOS 12 kini tampil lebih rapi dan mudah dibaca. Setiap sebuah aplikasi menampilkan lebih dari 3 pemberitahuan, iOS 12 akan langsung mengumpulkan dalam sebuah susunan yang dapat kamu tekan dan melihat semuanya dengan lebih detail. Kamu juga bisa menekan sekali lagi di bagian Show Less untuk menumpuk notifikasi tersebut agar kembali rapi.

2. Memoji

Bagi pengguna perangkat iPhone baru yang sudah menggunakan Face ID, salah satu fitur paling menarik di iOS 12 adalah Memoji. Fitur ini adalah pengembangan lebih lanjut dari Animoji di iOS 12. Bedanya adalah Memoji akan memberikan kebebasan pengguna untuk membuat desain sendiri dari detail tampilan seperti gaya rambut, kumis, kacamata, warna kulit dan beragam detail lainnya.

3. Screen Time dan App Limit

Screen Time dapat membantu kamu mengelola waktu penggunaan perangkat gadget. Kamu bisa melihat secara detail durasi penggunaan iPhone untuk bermain games, sosial media atau kegiatan lainnya dan mengatur App Limit jika diperlukan.

Sesuai namanya, App Limit adalah cara membatasi akses aplikasi berdasarkan kategori yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Misalkan kamu membatasi akses aplikasi dengan kategori sosial media selama 3 jam saja dalam setiap harinya. Fitur ini juga bisa berlaku untuk pengguna dalam lingkup keluarga. Yaitu memantau penggunana perangkat iOS oleh anak dan membatasi akses kategori aplikasi tertentu.

4. Catatan Penggunaan Baterai

Tampilan informasi Battery di iOS 12 juga mendapatkan wajah baru. Fitur ini sekarang tampil kian detail dengan hitungan penggunaan baterai setiap jam dan juga akumulasi penggunaan baterai selama 10 hari. Kamu bisa melihat dalam setiap jam, aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan baterai atau penggunaan baterai selama rata-rata 24 jam terakhir. Mode grafik Battery Level serta Activity tampiln dalam grafik batang yang bisa kamu tekan dan membatasi tampilan informasi penggunaan baterai dalam durasi setiap jam.

5. Wajah Kedua untuk Face ID

Perangkat iPhone X dan penerusnya tidak lagi menggunakan Touch ID namun beralih ke Face ID. Di iOS 11, Face ID hanya mendukung untuk mendaftarkan 1 wajah saja untuk dapat membuka kuncian. Namun kini di iOS 12, Apple memberikan tambahan 1 wajah yang dapat didaftarkan di Face ID.

6. Navigasi CarPlay dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Apakah kamu menggunakan mobil dengan head unit yang mendukung CarPlay? Kabar gembira nih, sekarang Apple sudah membuka akses apliksasi di CarPlay untuk pengembang pihak ketiga. Kamu bisa bernavigasi sambil ditemani Waze, Google Maps atau aplikasi Podcast pihak ketiga sesuai dengan kebiasaan penggunaan di perangkat iOS.



7. Gesture ala iPhone X di iPad

Ubahan paling menarik di perangkat iPad adalah status bar dan gesture. Kini Apple memindahkan informasi tanggal ke sisi kiri, membuat bagian tengah atas kosong.

Sedangkan untuk gesture, kini mengadopsi mode yang ada di iPhone X. Yaitu swipe ke bawah dari bagian kanan atas layar untuk memanggil Control Center. Selain itu ada juga gesture baru berupa swipe ke atas dengan cepat dari dalam aplikasi untuk kembali ke homescreen.

8. Do Not Disturb During BedTime

Fitur Do Not Disturb mendapatkan 2 mode baru: Do Not Disturb During Bedtime dan Do Not Disturb 1 Hour di Control Center. Mode Do Not Disturb During Bedtime berlaku untuk pengaturan di malam hari atau waktu yang kamu pilih agar tidak ada notifikasi yang tampil di layar. Selain itu layar juga dibuat lebih redup dan ada notifikasi seperti gambar di atas.

9. Live Listen di AirPods

Pengguna perangkat AirPods juga bisa menikmati fitur baru di iOS 12 dengan nama Live Listen. Mode ini akan mengubah perangkat iOS menjadi mikrofon dan meneruskan suaranya untuk didengarkan di perangkat AirPods. Mode ini bisa digunakan untuk membantu pengguna dengan keterbatasan pendengaran atau alat bantu dengan alternatif jika diperlukan.

10. ‘For You’ di Photos

Aplikasi Photo sekarang punya tampilan yang lebih personal yaitu bagian For You yang sebelumnya juga sudah ada di Apple Music dan Apple News. Fitur “For You” di Photo akan berisi katalog yang sebelumnya adalah fitur Memories, Shared Album serta beragam kenangan menarik lainnya.

11. Tampilan Album di Photos

Sering mengakses daftar album foto yang kamu buat atau dibuatkan oleh aplikasi pihak ketiga? Kini mode tersebut tampil dengan gaya baru untuk pertamakalinya. Yaitu mendatar ke arah kanan dan bisa kamu swipe untuk lebih efisien.

12. Aplikasi Measure

Teknologi ARKit 2 dikenalkan oleh Apple untuk perangkat iOS 12 dengan kemampuan memindai bidang datar dan tegak dalam mode AR (Augmented Reality). Sebagai cara paling mudah untuk mencoba fitur tersebut, ada aplikasi bernama Measure yang menjadi aplikasi bawaan di iOS 12.

Fitur utama dari aplikasi Measure adalah mengukur panjang dan dimensi sebuah obek, luar objek dan beberapa hal lainnya menggunakan teknologi AR. Akurasinya memang belum bisa dibilang 100% namun sudah sangat membantu dalam beberapa keadaan darurat untuk mengukur atau sekedar hal unik di waktu senggang.

Fitur Favorit?

Masih ada sejumlah fitur baru yang dapat kamu coba di iOS 12 baik di perangkat iPhone atau iPad loh. Mulai dari Haptic Feedback saat menjepret kamera (sebelumnya hanya ada di iPhone X), trackpad gesture di perangkat non 3D Touch, mode pencarian cerdas di aplikasi Photos, peningkatan Portrait Lighting dan masih banyak lainnya.

Dari semua fitur baru di iOS 12, mana yang menjadi favorit kamu? Silakan bagikan di kolom komentar ya!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply