15 Trik dan Fitur yang Belum Kamu Tahu di Instagram





Instagram pertama kali dirilis pada tahun 2010 dengan basis sosial media untuk berbagi foto kepada seluruh penggunanya. Pelan namun pasti, Instagram mulai menambahkan fitur video, filter yang lebih banyak dan lengkap, hingga dibeli oleh Facebook dan menjadi semakin populer.

Hingga tahun 2018, Instagram punya banyak fitur baru yang bisa membuat kamu semakin mudah untuk berbagi konten. Mulai dari Instagram Stories, mode Explore yang dinamis mengikuti kebiasaan pengguna dan banyak pengaturan menarik.

Di artikel ini tim MakeMac akan berbagi beragam trik dan fitur Instagram yang harus kamu gunakan. Beberapa diantaranya adalah fitur lama yang ternyata jarang diketahui oleh banyak pengguna dan beberapa adalah trik yang biasa saya lakukan. Yuk simak langsung!

1. Multi Akun


Fitur Multi Akun di Instagram pertama kali rilis pada awal tahun 2016. Dengan opsi tersebut, kamu bisa mengelola akun personal dan akun bisnis, komunitas atau akun tambahan lainnya tanpa repot keluar masuk setiap hari.

Mode ganti akun juga sangat mudah, tinggal tekan dan tahan akun Profile di kanan bawah Instagram for iOS atau tekan nama pengguna di bagian kiri atas layar. Agar fitur ini bekerja secara lancar dan mengurangi penggunaan yang salah, Instagram hanya membatasi maksimal 5 akun yang bisa kamu daftarkan dan berganti secara cepat ketika dibutuhkan pada setiap perangkat iOS.

2. Preview Konten ala 3D Touch di Perangkat iPhone Apa Saja


Belum menggunakan iPhone 6s atau generasi yang lebih baru dengan fitur 3D Touch untuk mode tekan dan tahan? Tenang, Instagram sudah membuat fitur ala 3D Touch bagi kamu pengguna iPhone lawas. Silakan masuk ke bagian Profile pengguna lalu tekan dan tahan salah satu gambar yang kamu suka. Mode pop up akan menampilkan konten ini secara lengkap di halaman utama. Fitur serupa juga bisa kamu dapatkan di tab Feed kemudian tekan dan tahan salah satu Username pengguna.

3. Daftar Posting yang Sudah Kamu Likes


Mungkin kamu sering menggunakan Twitter dan menganggap tombol Likes sebagai cara mudah untuk menyimpan cuitan yang menarik? Kebiasaan ini juga bisa kamu bawa ke Instagram dengan tombol yang sama, Likes. Namun bagaimana cara mengakses daftar konten yang sudah kamu Likes?

Gampang saja! Masuk ke Instagram pada tab Profile, tekan ikon tiga titik horisontal lalu cari list Posts You’ve Liked. Mode tampilannya juga bisa kamu pilih dalam bentuk List atau Thumbnail sehingga bisa lebih lengkap dalam satu halaman.

4. Saved Post


Jika cara Likes dianggap kurang tepat untuk mengarsipkan konten yang kamu suka, silakan gunakan mode Saved Post. Fitur ini hadir di setiap posting Instagram yang kamu lihat di tab Feed atau Explore jika sudah terbuka dalam mode halaman utama.

Tekan ikon Saved Post (pita dengan 2 ujung seperti pembatas buku) untuk cara cepat menyimpan posting tersebut. Mode lain yang bisa kamu lakukan agar leibih rapi adalah melakukan mode tekan dan tahan ikon Saved Post dan pilih daftar Saved Post yang kamu inginkan. Misalkan daftar Saved Post untuk gambar iPhone, destinasi liburan pilihan dan beragam lainnya.

Cara untuk mengakses Saved Post juga sangat mudah. Silakan masuk ke tab Profile di pojok kanan bawah. Setelah itu tekan ikon Saved Post di kanan atas, terdapat daftar Saved Post dan Collection yang sebelumnya sudah kamu buat.

5. Urutkan Filter Sesuai Kebiasaan Penggunaan


Sering menggunakan filter di Instagram sebelum mengunggah foto? Mungkin filter yang kamu gunakan terdapat jauh di urutan belakang? Silakan ubah urutannya saja ya sesuai kebiasaan pengguna. Berikut ini langkahnya:

  1. Masuk ke mode unggah foto atau video di Instagram.
  2. Akses bagian Filter, cari Filter yang kamu suka atau sering gunakan.
  3. Tekan dan tahan Filter tersebut lalu geser ke kiri atau kanan sesuai urutan yang kamu suka.
  4. Untuk Filter yang jarang kamu gunakan, tekan dan tahan lalu lepas di tengah layar utama untuk menyembunyikan.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan tombol Manage yang terdapat di bagian paling ujung kanan dari urutan Filter. Di dalam mode tersebut, semua filter akan tampiln dalam mode List dan kamu bisa menghapus tanda centang untuk menyembunyikan atau urutkan sesuai kebutuhan.



6. Notifikasi Cepat untuk Akun Favorit


Instagram dan beberapa sosial media lainnya sudah menggunakan algoritma khusus untuk membuat postingan yang tampil di Feed, hanya hadir dari akun pilihan atau iklan. Tidak ingin ketinggalan posting dari teman, keluarga atau penjual favorit kamu di Instagram? Yuk aktifkan fitur notifikasi khusus dari setiap akun pilihan!

Cara menggunakan fitur ini adalah masuk ke Profile dari akun yang ingin kamu dapatkan info cepatnya. Tekan ikon 3 titik horisontal di kanan atas lalu tekan Turn On Post Notifications. Setelah menggunakan fitur ini, setiap posting baru yang dikirimkan oleh akun tersebut akan menjadi notifikasi yang bisa kamu dapatkan bahkan saat tidak membuka Instagram.

7. Filter Komentar


Instagram punya beberapa catatan seputar cara mereka menangani komentar negaatif atau merusak yang ada di sosial media mereka. Kamu juga dapat ikur berpartisipasi dan menggunakan fitur ini ya. Yaitu dengan cara mengaktifkan Filter Comments.

Silakan masuk ke Profile, tekan ikon 3 titik horisontal lalu pilih Comments. Di dalam fitur tersebut silakan pilih Hide Offensive Comments – ON. Kamu juga bisa menambahkan Manual Filter atau blokir komentar berdasarkan kata kunci yang kamu atur sendiri.

8. Archive Post dan Stories


Jika di atas kita sudah membahas Saved Post untuk menyimpan posting dari pengguna lain, kini ada juga fitur Archive Post alias arsipkan postingan. Mode ini berguna untuk menyemunyikan posting yang kamu buat di Feed Instagram dan bisa kembali dimunculkan dengan mudah. Misalkan kamu sedang melakukan eksperimen menata feed agar lebih rapi atau mungkin hal lainnya.

Berikut ini panduan untuk menggunakan Archive Post:

  1. Masuk ke tab Profile di akun Instagram kamu.
  2. Pilih salah satu foto atau video yang ingin kamu arsipkan, masuk ke tampilan halaman utama.
  3. Tekan ikon 3 titik horisontal di bagian atas lalu pilih Archive.
  4. Sekarang kembali ke tab Profile, foto atau video tersebut tidak lagi tampil.

Fitur Archive Post juga kini sudah tersedia di Instagram Stories ya! Panduan lengkap untuk menggunakan Archive Post di Insagram Stories dapat kamu baca di artikel berikut ini.

9. Hapus Daftar Pencarian


Instagram punya fitur pencarian di mode Explore yang pastinya kamu kenal, tidak perlu saya terangkan lagi. Namun bagaimana cara menghapus daftar pencarian yang sudah kamu lakukan? Berikut ini panduannya:

  1. Masuk ke tab Profile, tekan ikon 3 titik horisontal di kanan atas.
  2. Scroll hingga ke bagian bawah, tekan tombol Clear Search History.
  3. Beri persetujuan terakhir pada tombol yang tampil di layar.

10. Close Friends

Punya banyak pengikut di daftar Followers, bukan berarti kamu harus berbagi semua konten ke mereka ya. Instagram punya mode Close Friends untuk membatasi siapa saja yang dapat menerima konten dari Feed dan juga Stories yang bersifat lebih privat. Mungkin para keluarga, teman dekat atau pasangan suami istri yang sering mengunggah foto dan video anaknya untuk dinikmati secara prbadi di Instagram.




11. Two- Factor Authentication


Fitur keamanan tentunya tidak boleh dilupakan oleh pengguna Instagram. Bagi kamu yang butuh keamanan tambahan, silakan gunakan Two- Factor Authentication di akun kamu ya!. Mode ini bekerja dengan cara memberikan kode tambahan sementara yang dikirim via SMS ke nomor pilihan. Panduan lengkap menggunakan Two- Factor Authentication di Instagram dapat kamu baca di artikel sebelumnya.

12. Follow Hashtags


Feed di Instagram kini tidak hanya diisi oleh konten yang dibagikan oleh daftar Following kamu loh. Kamu juga bisa mengikuti Hashtags yang biasa kamu gunakan atau daftar lainnya.

Cara mengikuti Hashtags juga sangat mudah, tinggal masuk ke tab Explore lalu gunakan pencarian Hashtags. Setelah masuk ke tampilan utamanya, tekan tombol Follow di bagian atas tampilan.

13. Edit Foto di Instagram Tanpa Posting


Sejujurnya kamu bisa loh menggunakan fitur edit gambar di Instagram tanpa perlu membagikannya di Feed. Beriktut ini panduannya:

  1. Aktifkan AirPlane Mode.
  2. Masuk ke pengaturan Instgram, aktifkan menu Save Original Photos.
  3. Cari foto yang ingin kamu edit dan lakukan mode edit gambar sesuai kebutuhan.
  4. Selesai dengan edit, bagikan gambar dan prosesnya akan gagal karena tidak ada koneksi internet.
  5. Masuk ke Camera Roll, hasil gambar yang kamu edit akan hadir di foto terakhir.

14. Caption Panjang Anti Pusing, Gunakan Jeda Paragraf


Beberapa blogger yang “pindah rumah” ke Instagram pasti masih punya kebiasaan untuk membuat caption yang panjang. Disadari atau tidak, posting yang mereka buat biasanya menggunakan beberap paragraf singkat. Berikut ini beberapa tips untuk membuat caption panjang anti pusing di Instagram.

  • Gunakan titik di setiap akhir kalimat lalu Enter. Cara untuk Enter adalah tekan ikon keyboard 123 lalu pilih tombo Return. Kamu juga bisa memberikan titik sebagai penganti paragraf atau tanda bahwa masih ada paragraf berikutnya yang dapat dibaca lalu kembali tekan Enter.
  • Jangan memberikan spasi setelah tanda titik di akhir paragraf, hal ini akan membuat format jeda menjadi gagal.
  • Hindari menggunakan Emoji di bagian akhir setiap paragraf

15. Bagikan Posting di Feed ke Direct Messages


Apakah kamu sering menjumpau ikon pesawat kertas di bawah postingan pada halaman Feed? Nah fitur ini bernama Share to Direct Messages. Fungsinya adalah mengirimkan konten yang kamu lihat kepada teman atau keluarga lain di mode pesang langsung.

Saya pribadi biasa menggunakan fitur ini untuk membagikan postingan menarik yang dilihat kepada teman atau grup teman. Sebagai catatan, mode Share to Direct Messages juga tetap bekerja dengan batasan Private Account ya, sehingga teman kamu yang tidak mengikuti akun tersebut (dalam mode Private), tidak bisa melihat postingnya.

Dari belasan fitur di atas, mana yang menjadi favorit kamu atau malah baru mengetahui fiturnya setelah membaca info di atas? Punya trik dan tips lainnya untuk menggunakan Instagram? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Instagram · Harga: Gratis






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply