3 Cara Update ke iOS 12 di iPhone, iPad dan iPod

Apple akhirnya merilis iOS 12. Sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch ini sudah dapat diunduh oleh pengguna produk Apple yang masuk dalam dukungan. Bagaimana cara update ke iOS 12? Cara apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan update ke iOS 12 dengan aman dan tidak kehilangan data? Atau malah kamu ingin update ke iOS 12 dengan pengaturan dari awal alias tidak membawa data sebelumnya? Semua panduan untuk hal tersebut dapat kamu temukan di artikel ini.

3 Cara Update ke iOS 12

1. OTA Updates

OTA (Over The Air) Updates adalah cara termudah untuk mendapatkan update ke iOs 12. Kamu hanya perlu perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch yang sudah siap untuk melakukan update ke iOS 12 beserta koneksi internet nirkabel alias Wi-Fi. OTA Updates tidak dapat dilakukan menggunakan jaringan data selular dari iPhone yang akan melakukan update.

Untuk melakukan OTA Updates, silakan masuk ke aplikasi Settings. Akses di bagian Settings – General – Software Update. Jika kamu sudah menemukan tampilan update iOS 12 dapat diunduh seperti gambar di awal artikel, silakan tekan Download and Instal. Besarnya dokumen OTA Updates tergantung dengan jenis perangkat dan iOS yang saat itu kamu gunakan.

Selesai mengunduh update iOS 12, kamu akan diminta untuk memasukkan kode kunci keamanan alias Passcode Lock sebelum masuk ke proses instalasi. Proses instalasi berlangsung sekitar 30 menit dan perangkat tidak bisa digunakan selama proses tersebut. Jadi pastikan kamu tidak sedang dalam keadaan harus menghubungi atau menerima panggilan telepon misalnya.

Dari pengalaman tim MakeMac, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan untuk dapat melakukan OTA Updates dengan lancar.

  •  Sudah melakukan backup data di iTunes atau cara lain yang kamu biasa lakukan.
  • Koneksi internet dari Wi-Fi yang kencang dan stabil. Tidak disarankan menggunakan koneksi internet di tempat umum seperti kafe atau mall yang tidak terjamin kestabilannya
  • Storage kosong yang cukup, tim MakeMac menyarankan 4GB atau lebih.
  • Baterai diatas 50% atau lakukan update dalam posisi charging. Jika tidak, prosesnya hanya akan berhenti di mengunduh update iOS 12.

2. Update atau Restore via iTunes

OTA Update pertama kali dikenalkan Apple pada iOS 5. Sebelumnya, cara melakukan update atau restore perangkat iOS hanya dapat dilakukan dengan cara menghubungkan iPhone, iPad atau iPod ke komputer yang sudah terinstal iTunes. Meskipun cara ini terdengar cukup lawas, namun banyak yang masih setia menggunakan metode ini.

Alasannya beragam, mulai dari koneksi internet yang dimiliki hanya berasal dari kabel LAN yang terhubung ke komputer. Atau bahkan ada pengguna yang merasa tidak nyaman dengan OTA Updates karena takut terjadi error atau alasan lainnya.

Proses update atau restore perangkat iOS menggunakan iTunes memerlukan beberapa peralatan yaitu perangkat iOS, kabel data untuk menghubungkan perangkat ke komputer, serta komputer itu sendiri yang sudah terinstal iTunes dan terhubung ke koneksi internet.

Berikut ini panduan untuk melakukan update atau restore perangkat iPhone, iPad dan iPod ke iOS 12 dengan iTunes.

  1. Hubungkan komputer ke internet dan pastikan kamu sudah menggunakan iTunes versi terbaru. Unduh iTunes di laman Apple.com/itunes jika diperlukan.
  2. Buka iTunes, hubungkan perangkat iOS ke komputer dengan kabel data.
  3. Tekan ikon perangkat iOS di bagian kiri atas jendela iTunes.
  4. Lakukan proses backup ke iTunes jika diperlukan atau jika perlu lakukan Archive Backup.
  5. Tekan tombol Update atau Restore di iPhone sehingga iTunes akan mengunduh firmware (file update iOS).
  6. Setelah proses mengunduh firmware selesai, update iOS akan dilakukan oleh iTunes dan pengguna cukup menunggu sekitar 30 menit.

Perbedaan Update dan Restore

Update adalah proses menaikkan sistem operasi di perangkat iOS ke versi yang lebih baru atau kita sebut terbaru untuk saat itu. Dengan proses update, semua data tidak akan hilang. Data yang saya maksud meliputi foto, pengaturan, email, aplikasi, dan lainnya.

Meskipun tidak akan hilang, tetap ada baiknya untuk melakukan backup ata mencadangkan data dari perangkat iOS, sebelum melakukan update. Metode backup yang dapat kamu pilih bisa menggunakan fitur backup lewat iTunes atau iCloud dan cara backup manual.

Restore adalah cara yang berlawanan dengan update dalam hal data yang ada di perangkat. Proses ini akan menghapus semua data di perangkat iOS dan instal sistem operasi baru yang kamu pilih – dalam hal ini iOS 12. Proses ini biasa dilakukan jika kamu ingin mendapatkan tampilan seperti perangkat baru dibeli. Syarat paling utama untuk melakukan Restore adalah mematikan pengaturan Find My iPhone di perangkat iPhone, iPad dan iPod.

Jika kamu ingin kembali menggunakan data yang ada sebelumnya, pastikan sudah melakukan proses backup ke iTunes atau iCloud. Dengan cara tersebut, pengguna bisa menjalankan fitur Restore from Backup yaitu kembali menggunakan data yang sudah dicadangkan sebelumnya.

3. Update atau Restore dari iTunes, Unduh Dokumen Terpisah

Dalam penjelasan kedua, baik proses update atau restore memerlukan komputer dengan koneksi internet yang kencang dan stabil untuk mengunduh firmware iOS terbaru (biasa disebut IPSW). Jika komputer yang kamu gunakan di rumah tidak punya koneksi yang memadai, ada cara lain yang dapat ditempuh untuk mendapatkan file IPSW guna melakukan update atau restore.

Yaitu dengan cara mengunduh IPSW secara terpisah di komputer lain. Setelah itu salin ke komputer yang biasa kamu gunakan dan jalankan proses update atau restore. Dengan menggunakan cara unduh IPSW secara manual, kamu bisa menghemat waktu dan koneksi internet. Misalkan tinggal salin dokumen IPSW iPhone 7 Plus iOS 12 dari teman kamu yang juga menggunakan iPhone yang sama. Sehingga kalian berdua bisa update ke iOS 12 dengan sekali unduh IPSW saja.

Berikut ini panduan download IPSW iOS 12 secara manual untuk melakukan update atau restore:

  1. Unduh IPSW untuk perangkat iPhone, iPad atau iPod yang kamu gunakan di laman website terpercaya. Tim MakeMac biasa mengunduh IPSW di laman IPSW.me atau iosninja.io.
  2. Hubungkan perangkat iOS ke iTunes di komputer. Lakukan Backup atau Archive Backup jika diperlukan.
  3. Masuk ke ikon iPhone di pojok kiri atas untuk menuju ke pengaturan iPhone di iTunes.
  4. Di keyboard komputer, tekan dan tahan tombol Option (Mac) atau Shift (Windows) lalu pilih tombol Update atau Restore sesuai kebutuhan.
  5. Finder atau Windows Explorer akan tampil. Cari file IPSW yang sudah kamu unduh tadi. Lanjutkan prosesnya dengan mengikuti perintah yang tampil di layar.

Saat proses update atau restore, komputer yang kamu gunakan tetap harus terkoneksi ke internet walaupun sudah mengunduh IPSW secara terpisah. Tutorial ini juga berlaku untuk pengguna perangkat iOS dalam kondisi Jailbreak dan ingin update ke iOS paling baru.

Akhir Kata

Dari ketiga cara di atas, silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan kamu ya. Jika ingin cara yang paling cepat, OTA Updates adalah jawabannya. Namun jika kamu ingin menggunakan iOS 12 tanpa membawa data dan pengaturan dari sistem operasi sebelumnya, metode restore adalah cara yang bisa diambil.

Tidak perlu khawatir dengan kendala seperti error atau lainnya, Apple sudah memberikan laman panduan untuk mengatasi masalah OTA Updates jika diperlukan.

Sudah siap melakukan update ke iOS 12? Bagikan di kolom komentar ya!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply