3,5 Juta Smartphone Terjual Tiap Harinya

3,5 Juta Smartphone Terjual Tiap HarinyaFoto: GettyImages
Jakarta – IDC merilis laporan terbaru untuk penjualan smartphone sepanjang kuartal II tahun 2016. Dalam hitungan IDC, tercatat ada sekitar 3,5 juta smartphone yang terjual tiap harinya.

Secara total, IDC melaporkan untuk kuartal II 2016 ada sebanyak 343,3 juta unit smartphone yang dilego. Meski kedengarannya cukup besar, namun IDC menjelaskan kalau angka tersebut masih lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Samsung masih menjadi pemimpin pasar, dengan 77-80 juta smartphone yang berhasil dijual. Galaxy S7 disebut-sebut memberikan kontribusi yang cukup besar atas pencapaian Samsung itu. Sementara di posisi kedua seperti biasa ditempati oleh Apple yang sukses memasarkan 40 juta smartphone besutannya.

Posisi ketiga ditempati oleh Huawei yang disebut IDC konsisten dengan 30 juta smartphone terjual. Diikuti oleh Oppo dan Vivo yang melengkapi lima besar. Vivo sendiri disebut berhasil memasarkan 16 juta smartphone.

Menurut IDC, kuartal II 2016 adalah waktu terburuk Apple sepanjang tahun 2016 ini. Pasalnya, di waktu ini fans Apple cenderung menunggu kejutan yang disiapkan Apple di bulan September mendatang. Selain itu, iPhone SE yang cukup diandalkan ternyata belum mampu memberikan hasil yang diharapkan.

Di sisi lain Apple sepertinya juga mendapat tekanan dari Samsung yang akan segera meluncurkan generasi anyar Galaxy Note dalam waktu dekat. IDC memprediksi penjualan Apple baru akan mulai menanjak di sekitar musim natal atau akhir tahun nanti.
(yud/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar