4 Fitur Terbaik di iOS 12 untuk Pengguna iPhone 5s

Masih cukup banyak pengguna iPhone 5s yang belum berminat update ke iOS 12. Beberapa alasan yang saya tangkap adalah takut perangkat iPhone menjadi lemot, tidak akan mendapatkan banyak fitur baru atau lainnya. Masalah lemot, iPhone 5s dan iPhone 6 justru menjadi lebih ngebut setelah menggunakan iOS 12. Nah untuk fitur baru, tim MakeMac akan membahas beberapa fitur terbaik di iOS 12 yang harus kamu coba di iPhone 5s atau iPhone 6.

4 Fitur Terbaik di iOS 12 untuk Pengguna iPhone 5s

1. Screen Time

Screen Time adalah cara baru untuk melihat dan mengendalikan penggunaan smartphone sesuai kebutuhan pengguna. Kamu dapat memperoleh data penggunaan secara lengkap, seperti durasi akses aplikasi dengan kategori Social Networking atau lainnya. Data lainnya juga bisa berupa berapa banyak notifikasi dari setiap aplikasi hingga berapa kali pengguna mengangkat perangkat untuk membaca notifikasi.

Setelah melihat durasi penggunaan, kamu bisa mengatur App Limit atau batasa penggunaan aplikasi secara individual atau dalam kategori aplikasi. Cara ini juga bisa berlaku untuk pengguna dengan Family Sharing yang ingin melihat dan membatas durasi penggunaan ponsel milik anaknya.

Panduan penggunaan Screen Time dan App Limits dapat kamu baca di artikel berikut ini ya!

2. Trackpad Cursor

Sering salah ketik dan repot untuk mengganti huruf di tengah kalimat? Jika pengguna iPhone 6s atau yang lebih baru bisa menggunakan 3D Touch untuk menggeser kursor, kini hal tersebut juga bisa dilakukan pengguna iPhone 5s. Ya, iOS 12 membut mode trackpad cursor bisa bekerja tanpa mode 3D Touch.

Caranya adalah tekan dan tahan tombol Space pada saat mengetik. Setelah itu tampilan keyboard di iOS 12 akan menjadi seperti gambar di atas. Silakan tetap tekan dan geser ke kiri atau kanan untuk menggeser cursor tersebut. Fitur ini juga bisa digunakan di perangkat iPad ya.



3. Group Notification

Layar iPhone 5s memang paling kecil jika dibandingkan iPhone 6, iPhone 6 Plus atau bahkan iPhone Xs Max. Sedangkan elemen desain di iOS 12 dibuat cukup besar terutama dibagian Notifications. Karena hal tersebut, fitur Group Notifications harus kamu gunakan semaksimal mungkin di iOS 12 untuk iPhone 5s.

Group Notifications dapat digunakan untuk mengelompokkan notifikasi secara otomatis atau berdasarkan aplikasi. Dengan bantuan Group Notifications, tampilan Notification Center di iPhone 5s yang menggunakan layar kecil akan menjadi lebih nyaman untuk dilihat. Tidak perlu scroll terlalu banyak atau melihat banyak notifikasi di layar.

4. Statistik Baterai

Salah satu tampilan baru di bagian pengaturan iOS 12 adalah Battery. Kamu dapat menemukan bagian ini di Settings – Battery. Di iOS 12, tampilan Battery menggunakan grafik penggunaan selama 24 jam terakhir atau rangkuman 10 hari.

Di bawahnya lagi ada Activity atau catatan penggunaan baterai berdasarkan layar aktif atau tidak. Selanjutnya adalah penggunaan baterai berdasrkan aplikasi, mulai dari yang paling banyak dan tidak menggunakan baterai sama sekali (tidak pernah dibuka).

Fitur Favorit Kamu?

Apakah kamu sudah menggunakan iOS 12 di perangkat iPhone 5s atau iPhoen 6? Fitur baru apa yang paling kamu suka dan belum ada dalam daftar di atas? Bagikan di kolom komentar ya!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply