5 iPod Terbaik Sepanjang Masa untuk Penikmat Audio Berkualitas

Era kejayaan iPod sebagai music player memang sudah mulai pudar. Apple sudah menghapus iPod Classic di tahun 2016 adalah salah satu cerita sedih dari para penggemar setiap iPod. Padahal sebetulnya iPod adalah salah satu produk Apple paling sukses di masa awal Steve Jobs kembali di Apple tahun 1997.

Kali ini kita akan membahas beberapa iPod terbaik sepanjang masa. Daftar ini tim MakeMac susun berdasarkan beberapa sumber dan juga opini pribadi sebagai salah satu penggemar iPod. Karena review atau impresi dalam bentuk kualitas audio cukup sulit untuk diterima oleh banyak pengguna, saya memutuskan untuk menjelaskan dari sisi sejarah dan cerita menarik dari setiap iPod tersebut. Untuk membuat kamu lebih penasaran, urutan ini akan saya balik dari nomer 5 ke nomer 1 sebagai iPod terbaik sepanjang masa ya!

5 iPod Terbaik Sepanjang Masa

5. iPod Nano Generasi 4 (2008)

Dikenalkan dengan tagline Nano-Chromatic, generasi iPod Nano ini punya banyak pilihan warna menarik. Banyak penikmat audio yang menyebutkan bahwa iPod Nano generasi 4 adalah masa transisi paling jelas untuk teknologi iPod lawas (menggunakan click wheel) dan flash storage. Kapasitas yang digunakan adalah 8GB, 16GB dan 4GB untuk edisi terbatas.

Si kecil yang dijual dengan harga mulai dari $149 ini dapat memutar musik, membuat album foto serta memutar video. Soal kualitas suara, saya sudah tidak terlalu ingat lagi. Musik dengan jenis elektronik dan beat cepat adalah lagu favorit saya waktu menggunakan perangkat ini beberapa tahun lalu.

4. iPod Shuffle Generasi 1 (2005)

Generasi pertama untuk iPod Shuffle ini hadir di Macworld Expo pada tanggal 11 Januari 2005. Tagline yang digunakan adalah “Life is random” serta “Give chance a chance”. Perangkat iPod ini menjadi sangat terkenal pada masanya karena teknologi Flash Storage (512MB atau 1GB) yang dipakai Apple untuk pertama kali.

Tidak seperti generasi lain pada masa tersebut, iPod Shuffle generasi pertama tidak mendukung format musik lossless dengan AIFF codec. Kabarnya hal ini sengaja dibuat untuk mencegah penggunaan baterai yang boros karena ukuran yang sangat kecil. Bicara prosessor, iPod Shuffle ini menggunakan jeroan dari SigmaTel yang kabarnya menghasilkan kualitas audio yang cemerlang dan membuat iPod Shuffle sangat laris di pasaran.

Sebagai catatan tambahan, iPod Shuffle generasi pertama tidak memerlukan kabel data seperti iPod lain. Ya, ini karena port USB yang terintegrasi di salah satu sisi dan tinggal kamu buka lalu colok ke komputer. Hingga saat ini belum ada iPod dengan bentuk atau tipe konektor yang sama, membuat iPod ini sangat unik dan menarik.

3. iPod Nano Generasi 1 (2005)

[embedded content]

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Masih seputaran generasi pertama, kali ini ada iPod Nano yang masuk dalam urutan nomer 3 terbaik. Generasi pengganti dari iPod Mini ini menggunakan tagline1,000 songs. Impossibly small”. Karena menggunakan harga lebih mahal dari iPod Shuffle, iPod Nano Gen 1 dijual dengan harga $149 (1GB), $199 (2GB) dan $249 (4GB). Bicara masalah warna, iPod Nano ini hadir dalam 2 warna yaitu hitam dan putih dengan bodi kaca di bagian depan. Ya, teknologi bodi kaca ini juga digunakan Apple pada beberapa generasi iPod Classic dan juga iPhone 4.

Bicara masalah kualitas, iPod Nano generasi pertama memang menjadi legenda karena chipset audio yang digunakan. Yaitu Wolfson chip yang sudah tidak digunakan lagi oleh Apple pada perangkat iPhone terbaru. Maka wajar saja jika kamu mendengarkan musik di iPod Nano generasi pertama dan iPhone generasi saat ini, terdapat perbedaan output suara yang cukup menarik untuk dicermati.



2. iPod Photo (2004)

Generasi keempat dari iPod yang pertama rilis ini, punya banyak kemajuan dan fitur menarik. Seperti layar warna, dukungan untuk fitur album foto serta beberapa hal lainnya. Bentuknya sedikit lebih tebal dari generasi sebelumnya dengan storage 30GB, 40GB dan 60GB.

Bersamaan dengan produk ini, Apple juga merilis iPod U2 Special Edition. Yaitu dengan warna hitam dan merah pada bagian click wheel yang diambil dari warna album U2 – How to Dismantle an Atomic Bomb. Pada bagian belakang juga terdapat grafir berupa tanda tangan semua anggota personil U2 dan juga kopun belanja di iTunes Store senilai $50.

1. iPod Classic Generasi 5.5 (2006)

 Photo by. John Large99

Photo by. John Large

Perangkat iPod terbaik sepanjang masa dipegang oleh iPod Classic generasi 5.5. Ada sedikit cerita unik dari perangkat ini, kenapa harus menggunakan nama 5.5 bukan generasi 6. Ya, kabarnya Apple merilis iPod Classic generasi 5 dan merilis versi barunya setahun kemudian, mengusung update tampilan sangat minimal dan tetap menggunakan Wolfson chipset untuk bagian audio.

Perbaikan untuk iPod Classic 5.5 Generation ini adalah fitur Gapless playback, layar lebih cerah, dukungan durasi video yang lebih panjang, earphone model baru serta fitur Search di tampilan Menu. Generasi ini juga menggunakan 2 pilihan storage yaitu 30GB dan juga 80GB (upgrade dari versi sebelumnya yaitu 60GB) serta 2 pilian warna yaitu White dan Black.

Jika kamu ingin mencari iPod Classic 5.5 ini, saran tim MakeMac adalah cari fitur Search di menu Music. Jika bagian ini tampil, berarti perangkat tersebut adalah iPod Classic 5.5, bukan generasi sebelumnya. Sebagai tambahan catatan, iPod Classic 5.5 juga punya versi U2 Special Edition ya. Produk ini biasanya dijual lebih mahal dari versi normal oleh para kolektor.

Akhir Kata

Apple memang selalu menghadirkan produk terbaik untuk memanjakan para penggunanya. Dapat kamu lihat pada daftar di atas, rentan tahun untuk pembuatan iPod terbaik ada di sekitar tahun 2004 hingga 2006. Mungkin saat itu Apple sedang fokus menggarap pangsa pasar penikmat audio. Berbeda dengan sekarang yang lebih fokus pada perangkat iPhone atau Apple Watch misalnya.

Apakah kamu termasuk pemilik dari salah satu atau beberapa iPod yang ada di daftar yang saya bagikan? Mungkin punya pendapat lain atau cerita menarik mengenai iPod terbaik versi kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar