5 Tips Cerdas Menggunakan Aplikasi Edit Foto Snapseed



Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto yang sangat populer di kalangan pengguna iOS. Awalnya aplikasi ini dibuat oleh pengembang Nik Software pada tahun 2011. Karena popularitasnya, akhirnya Snapseed dibeli Google hingga saat ini. Beragam fitur terus ditambahkan dan membuat Snapseed sangat lengkap untuk membantu kamu melakukan editing gambar dalam beragam kebutuhan.

Kali ini tim MakeMac akan membagikan beberapa tips cerdas untuk menggunakan Snapseed dalam beberapa kebiasaan yang sering saya lakukan. Silakan simak langsung ya!

Tips Menggunakan Snapseed di Perangkat iOS

1. Gunakan Tools atau Filter?

Secara garis besar, mode edit gambar di Snapseed terdiri dari 2 bagian. Yaitu edit menggunakan Tools atau langsung dengan beragam kategori Filter yang disediakan. Untuk Tools, ada beberapa kategori seperti Tune Image, Details, Crop, Perspective, Rotate, White Balance dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Filter dibagi menjadi efek Lens Blur, Tonal Contrast, Drama atau lain sebagainya.

Sebelum mulai mengedit gambar, pastikan dulu kamu punya tujuan akhir yang ingin didapatkan dengan jelas. Apakah ingin sekedar membuat gambar lebih cerah dan cocok untuk diunggah ke Instagram? Atau mungkin ingin mengubah warna gambar menjadi efek Retrolux dengan beberapa langkah cepat saja? Dengan menetapkan hasil akhirnya, kamu dapat mulai mengambil waktu editing gambar yang diperlukan secara lebih singkat dan efisien.

2. Beberapa Cara Meningkatkan Kecerahan Gambar

Brightness atau kecerahan gambar adalah salah satu elemen pertama yang saya edit. Dengan langkah ini, gambar akan terasa lebih hidup dan jika ditambahkan beragam jenis filter akan lebih mudah terlihat. Ada beberapa cara meningkatkan kecerahan gambar dengan Snapseed yang bisa kamu lakukan. Berikut ini daftarnya:

  1. Menggunakan Tune Image. Pilih gambar yang ingin kamu edit, tekan ikon pensil di bagian kanan bawah layar. Setelah itu masuk ke Tools – Tune Image. Tekan dan tahan layar lalu pilih mode Brightness dan swipe ke kiri atua kanan untuk mengubah tingkat kecerahan yang diperlukan.
  2. Brush. Mode Brush di Snapseed juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecerahan dari sebuah gambar. Masuk ke mode ini dari bagian Tune Image – Brush. Di bagian bawah pilih EV Exporuse dan pilih angka +0.3, +0.7 atau lainnya. Lalu swipe di bagian atas gambar untuk memilih bagian yang ingin kamu naikkan nilai Exposure-nya. Gunakan mode mata di bagian kanan bawah untuk melihat hasil Brush dengan warna merah jika ingin mendapatkan tampilan lebih detail.
  3. Selective. Mode ketiga ini sebetulnya mengandung fitur edit gambar dari Tune Image. Bedanya fitur ini dapat digunakan secara selektif atau pada bagian tertentu saja dari gambar yang kamu miliki. Misakan memberikan kecerahan lebih tinggi untuk bagian wajah dan membiarkan bagian sekitarnya lebih gelap. Akses fitur ini dari Tune Image – Brush. Tekan ikon + di bawah untuk menambahkan mode Selective baru, pilih di lokasi yang kamu inginkan dan swipe ke atas atau bawah untuk aktifkan mode Brightness, Contrast, Saturation atau Sctructure.

3. Crop, Expand dan Transform

Rasio dan komposisi foto juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan filter gambar. Ada beberapa jenis komposisi foto yang bisa kamu gunakan dan pelajari dengan mudah. Mulai dari rule of thirds, center object atau beberapa lainnya. Khusus untuk fotografi dengan tema arsitektur, mode perspektif foto seperti efek distorsi harus dibuat minimal – memberikan efek gedung tegak dan lebih besar misalnya.

Untuk mengolah masalah rasio foto dan juga komposisinya, kamu bisa menggunakan 3 tools yang sering saya gunakan di Snapseed. Yaitu Crop untuk memotong foto dalam beberapa jenis ukuran serta membuatnya lurus dalam garis horizon misalnya, Expand untuk memperluas foto dengan mode analisa digital serta Transform yaitu mengubah perspektif foto dalam sisi horisontal serta vertikal.



4. Kembalikan Hasil Editing Gambar

Snapseed punya mode history atau catatan dari setiap mode edit yang sudah kamu lakukan. Gunakan fitur ini untuk kembali ke beberapa step yang sebelumnya sudah kamu lakukan atau mungkin kembali ke gambar awal untuk mengulangi semua proses editing yang dilakukan. Cara menggunakan mode ini juga sangat mudah dan dapat diakses dari tampilan utama.

Pertama silakan edit gambar di Snapseed dengan beberapa Tools atau Filter yang kamu suka. Setelah itu kembali ke tampilan utama Snapseed dan tekan ikon Undo di bagian atas (kertas bertumpuk dengan panah arah kiri). Pilih Undo untuk mundur ke satu langkah editing yang sudah dilakukan, Redo berarti sebaliknya. Sedangkan tombol View Edit dapat kamu gunakan untuk melihat urutan mode edit gambar yang sudah kamu lakukan untuk diedit ulang, dihapus atau mungkin copy dan paste ke gambar lain.

5. Arsipkan Filter Buatan Sendiri dengan My Looks

Saya biasa mengambil beberapa gambar dalam sebuah acara lalu ingin mengedit semuanya lewat Snapseed dan mendapatkan hasil warna yang sama. Tidak perlu repot untuk menghapalkan setiap pengaturan yang dilakukan, cukup gunakan mode My Looks yang dimiliki oleh Snapseed. Berikut ini panduan singkat menggunakan My Looks:

  1. Edit gambar pertama dengan beragam Tools atau Filter yang kamu suka.
  2. Setelah selesai, tekan ikon Undo di bagian atas lalu pilih Save Look. Beri nama untuk pengaturan tersebut agar lebih mudah dicari lain waktu.
  3. Buka gambar lain yang ingin kamu edit dengan hasil warna dan efek yang sama. Tekan ikon Undo lalu pilih My Looks, cari hasil yang sudah kamu buat di langkah kedua lalu pilih Apply. Akhiri bagian ini dengan simpan gambar lewat tombol Save.
  4. Selesai, sekarang pilih gambar berikutnya dan ulangi proses di atas.

Punya Tips Tambahan?

Masih banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan dengan Snapseed untuk mengedit gambar. Seperti belajar menggunakan efek Black & White dengan beragam filter, membuat efek HDR dengan Filter Drama atau mungkin gabungkan 2 gambar lewat efek Double Exposure serta membuat foto wajah dengan senyuman lebih lebar dalam mode Pose.

Apakah kamu sering menggunakan Snapseed? Punya tips menarik untuk menggunakan aplikasi ini di perangkat iPhone atau iPad? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Snapseed · Harga: Gratis


Gambar


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply