5 Tips Memilih Layanan Chat untuk Grup Pesan


Chatting adalah kegiatan yang pastinya sering kamu lakukan di iPhone atau iPad bersama teman, rekan kerja atau mungkin keluarga. Selain berkirim pesan secara personal, terkadang kamu perlu membuat sebuah grup pesan untuk mengumpulkan beberapa teman dan chat bersama-sama. Contoh kegiatannya bisa merencanakan liburan bersama atau mungkin sekedar tempat chat dengan para sahabat saja.

Saat ini ada banyak sekali layanan chat atau sosial media yang mendukung mode grup pesan. Sebut saja WhatsApp, Telegram, BBM, iMessage, LINE atau beberapa layanan sosial media seperti Facebook Messenger, Instagram, Twitter atau bahkan Path. Tim MakeMac akan membagikan beberapa tips untuk memilih layanan grup pesan yang dapat kamu gunakan bersama teman atau keluarga. Yuk simak langsung!

1. Dukungan Aplikasi dan Perangkat yang Digunakan


Tips pertama adalah melihat daftar dukungan aplikasi dan perangkat yang akan digunakan oleh kamu dan teman satu grup. Apakah mereka semua menggunakan iPhone, jadi kamu bisa memilih iMessage? Apakah ada sebagian yang tidak menggunakan Telegram Messenger, Facebook Messenger, LINE dan lebih akrab dengan WhatsApp atau beberapa kemungkinan lainnya.

Dengan melihat daftar perangkat mobile device yang digunakan, kamu bisa memutuskan untuk memilih aplikasi chat yang tepat. Sehingga setiap orang di dalam grup tidak menemukan kendala masalah dukungan perangkat.

2. Fitur Pelengkap Selain Teks


Pertimbangan kedua untuk memilih layanan grup pesan adalah fitur tambahan. Tentunya kamu akan cepat bosan jika hanya saling mengirim pesan, gambar atau video saja. Coba cek dulu apakah aplikasi yang akan kamu gunakan, mendukung beberapa fitur tambahan yang membuatnya tampil lebih menarik. Seperti mode pencarian dan kirim GIF di WhatsApp Telegram dan pesan langsung Twitter, panggilan suara dan video dalam bentuk grup di Facebook Messenger dan Skype atau mungkin lainnya.

Pastikan juga bahwa setiap fitur tadi memungkinkan untuk kamu coba, jika ingin menjadikannya sebagai nilai tambahan. Jangan sampai kamu memilih Skype karena punya banyak fitur yang berhubungan dengan VOIP dan Video Call, namun malah jarang menggunakan kedua fitur tersebut.

3. Terkadang Kamu Juga Butuh Mode Mute dengan Cepat


Terkadang ketika sebuah grup pesan sedang sangat ramai membahas sebuah topik, notifikasi yang tampil bisa sangat ramai. Bisa saja hal ini mengganggu kesibukan kamu yang sedang ada dalam rapat atau kegiatan penting lainnya. Coba pelajari setiap aplikasi yang mungkin akan kamu gunakan sebagai grup pesan, bagaimana cara tercepat untuk melakukan mode senyap atau Mute?

Misalkan untuk WhatApp, cukup masuk ke bagian Info grup pesan lalu tekan Mute untuk menampilkan opsi senyapkan grup pesan selama 8 jam, 1 minggu atau 1 tahun. Berbeda lagi dengan Telegram, fitur Mute bisa ditemukan dengan lebih mudah dengan masuk ke grup, tekan bagian nama grup lalu tekan gambar lonceng.

4. Butuh Admin Dalam Jumlah Banyak?

Photo by Telegram13
Photo by Telegram

Jika kamu menggunakan fitur grup pesan untuk beberapa teman saja, kehadiran admin tentu tidak terlalu diperlukan. Namun jika kamu ingin membuat sebuah grup pesan dalam skala anggota yang besar dan perlu beberala aturan dasar dalam hal berkomunikasi di grup, fitur multi admin tentunya menjadi hal yang penting. WhatsApp dan Telegram punya fitur multi admin untuk melakukan banyak hal administratif seperti menambahkan anggota baru atua mungkin malah mengeluarkannya. Sedangkan fitur grup pesan dari layanan sosial media seperti Facebook Messenger, Instagram Direct dan Twitter DM tidak memiliki fitur tersebut.

5. Bot di Dalam Grup Pesan


Peran Bot dalam sebuah grup pesan sudah menjadi hal yang mulai ngetop dalam beberapa bulan ini. Sebut saja di Telegram Messenger atau Slack, ada banyak Bot yang bisa kamu gunakan untuk banyak kegiatan di grup pesan. Mulai dari fitur pengambilan suara di grup pesan lewat Polling, integrasi layanan simpan gambar ke Google Drive atau sekedar Bot untuk main games dan mengalahkan skor dari teman di dalam grup.

Pilih Mana?

Saya biasa menggunakan layanan Telegram Messenger, WhatsApp dan Slack untuk komunikasi secara grup pesan bersama teman atau rekan kerja. Telegram punya kelebihan berupa dukungan multi platform yang membuat saya tidak harus selalu membawa iPhone untuk membalas pesan. WhatsApp justru sebaliknya, saya bisa dengan cepat menghubungi salah satu teman di grup pesan jika sedang diperlukan. Sedangkan Slack punya sistem Channel dan Slack Bot yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Bagaimana dengan kamu, pilih layanan apa? Bagikan di kolom komentar ya!







About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply