6 Software recording DAWterbaik 2016/2017

Software recording vst/plugins dan DAW  mulai berkembang sejak tahun 90-an. Dimana versi-versi awal software DAW modern mulai muncul. Berbagai software menjadi pilihan yang sulit hingga sekarang karena kebiasaan orang-orang ingin memilih software mana yang paling bagus untuk di gunakan terutama bagi pemula.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut artikel ini menjadi panduan secara mendalam tentang DAW terbaik 2016. Namun sebelum menuju ke sana ada beberapa pertanyaan orang-orang yang sering muncul yaitu.

DAW gratis vs berbayar ??

Untuk software recording sendiri khususnya DAW tidak ada yang gratis karena semua berayar, kecuali Audacity dan software yang telah di CRACK. Namun Audacity dengan software yang berbayar tentu jauh dari fitur-fitur yang di sediakan dan lain-lain.Untuk edit-edit audacity masih biasa namun jika sudah masuk pada mixing dan mastering perlu DAW yang berbayar dan multitrack, hingga hasil yang di dapatkan akan terdengar profesional.

Selanjutnya mari kita bahas tentang apa saja software DAW terbaik di tahun 2016/2017 ini silahkan simak ulasan di bawah ini:

1. Presonus Studio One 3

Presonus Studio one 3 sangat dikenal dalam industri audio, mereka memiliki hardware maupun software yang berkualitas dengan hargater jangkau.Presonus baru-baru ini juga memutuskan untuk menambah kembali list software DAW mereka dengan di bantu oleh pengembang resmi dari Steinberg Cubase. Presonus merilis versi pertama dari Studio One pada tahun 2009. Sehingga menjadi pesaing serius untuk DAW lainnya.

2. Cakewalk SONAR

Cakewalk Sonar juga menjadi software di peringkat teratas beberapa tahun ini.Namun hampir setiap DAW baru-baru ini menjadi cross-kompatible pada Windows dan Mac. Namun Sonar hanya terdapat pada versi Windows. Bagi Anda pecinta PC mungkin hal ini tidak menjadi masalah namun, kebanyakan musisi adalah pengguna Mac.
Berikutversinya:

Cakewalk Sonar X3

Cakewalk Sonar ARTIST

Cakewalk Sonar PROFESIONAL

Cakewalk Sonar PLATINUM
3.  Fl Studio

Software fruit Loop dAW.Sebelumnya software ini di kenal dengan Fruity Loops. Lebih dari satu dekade yang lalu logo gambar dari Line-Fl Studio resmi berubah. Bagi Anda yang bergenre Hip-hop, music eDM dan DJ, fl studio adalah pilihan yang terbaik. Yang paling keren darisofware ini adalah kita dapat update software seumur hidup secara GRATIS. Sekarang FL Studio telah update pada Versi FL Studio 12.

4. Ableton Live

Ableton Live dirancang untuk alat pertunjukan live sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi software yang satu ini. Dan sekarang telah berkembang menjadi sebuah paket rekaman yang lengkap
Berikut versi dari Ableton Live:

  • Ableton push 2 (w/Live 9 intro)
  • Akai Profesional APC Mini
  • Novation Launchpad
  • Ableton Live 9 INTRO
  • Ableton Live 9 STANDAR
  • Ableton Live 9

5. Steinberg Cubase

Versi asli dari Cubase dirilis kembali oleh Steinberg pada tahun 1989, pada saat itu hanya jenis MIDI saja. Tidak lama kemudian pada tahun 1992, mereka merilis lagi dengan berbagai kemajuan besar untuk kategori perangkat lunak. Hingga sekarang mereka terus menyempurnakan teknologi dalam konstribusinya pada industri musik.

Versi Steinberg Cubas:

  • Steinberg Cubase Elements
  • Steinberg Cubase Artist 8,5
  • Steinberg Cubase Pro 8.5

itulah tadi 6 software recording  DAW terbaik 2016/2017 dan mungkin akan berlanjut beberapa tahun kedepan. Sekiana rtikel kali ini semoga bermanfaat.”

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar