Selasa, 08 Maret 2016 | 05:58 WIB


BMKG Siarkan Langsung Gerhana Matahari, Ini Alamat Situsnya

Gerhana Matahari total. Hideo Fukushima/National Astronomical Observatory of Japan via Getty Images

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Andi Eka Sakya mengatakan BMKG akan menyiarkan langsung proses gerhana matahari total secara online, Rabu, 9 Maret besok. “Sehingga dapat pula dilihat di Jakarta dan bisa dilihat secara online,” kata Andi Eka lewat pesan pendek, Senin, 7 Maret 2016.

Siarannya bisa dibuka di http://media.bmkg.go.id.

Andi mengatakan BMKG melaporkan secara langsung gerhana di daerah dan lokasi yang dilintasi gerhana matahari total. “Kemudian ditransmit ke Jakarta,” ucap dia. Selain itu, warga juga bisa menonton gerhana di kantor BMKG Pusat di Kemayoran, Jakarta.

Fenomena GMT terjadi pada 9 Maret mendatang. Kejadian langka ini terjadi setiap 350 tahun. Keistimewaan dari gerhana ini karena wilayah daratan yang dilaluinya hanya di Indonesia.

Gerhana matahari total diartikan sebagai fenomena alam dengan kedudukan matahari, bulan, dan bumi pada satu garis. Dampaknya, sebagian bumi akan terkena bayangan gelap bulan. Sehingga matahari tidak terlihat.

GMT akan melintasi 12 wilayah provinsi. Yakni, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

REZKI ALVIONITASARI

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar