Baterai Meledak, Samsung Akan Tarik Galaxy Note 7

Sabtu, 03 September 2016 | 04:10 WIB

Baterai Meledak, Samsung Akan Tarik Galaxy Note 7

Samsung. REUTERS/Albert Gea

TEMPO.CO, Seoul – Samsung dikabarkan akan mengumumkan penarikan kembali atau recall ponsel pintar terbaru Galaxy Note 7. Penarikan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini akan dilakukan pada semua ponsel yang terjual di dalam Korea Selatan ataupun di luar negeri.

”Penarikan rencananya akan dilakukan dalam waktu kurang dari satu pekan,” kata seorang pejabat Samsung Kamis, seperti dilansir melalui Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, Jumat 2 September 2016. Rencana penarikan produk dipersiapkan berkaitan dengan beberapa laporan mengenai insiden meledaknya baterai Note 7 saat sedang diisi.

Pejabat Samsung itu mengatakan bahwa penyebab ledakan sedang diinvestigasi oleh perusahaan. Penyebab ledakan diduga berasal dari baterai ponsel tablet tersebut.

”Yang paling penting adalah keselamatan pelanggan kami dan kami tidak ingin mengecewakan pelanggan setia kami,” kata dia. Pejabat yang tidak mau disebut identitasnya ini mengatakan Samsung akan mengumumkan hasil penyelidikan atas penyebab ledakan dan melakukan upaya penanggulangan komprehensif akhir pekan atau awal pekan depan.

Ia menyatakan produk yang terinstalasi dengan baterai bermasalah diperkirakan hanya berjumlah kurang dari 0,1 persen dari seluruh volume produk yang dijual. Masalah pada ponsel Note 7 disebutkan bisa diselesaikan hanya dengan mengubah baterai. ”Tapi kami akan hadir untuk meyakinkan konsumen kami,” tambah dia.

Pejabat itu mengatakan pengumuman penarikan tidak mungkin akan dilakukan pada Jumat ini karena Samsung sedang dalam pembicaraan dengan Verizon di Amerika Serikat dan mitra bisnis lainnya mengenai masalah ini. Diskusi global sedang dilakukan untuk membahas mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menangani produk-produk yang sudah terkirim ke para dealer.

Ia mengaku perusahaan tidak mempunyai niat untuk menunda pengumuman ataupun menyembunyikan hasil penyelidikan. Keputusan akan dibuat dengan mempertimbangkan manfaat bagi konsumen secara maksimal.

Pengamat industri Korea Selatan, seperti yang dikutip melalui Yonhap, berpendapat Samsung akan mengambil keputusan penarikan produk sebagai upaya untuk meningkatkan kredibilitas perusahaannya, selama keputusan diambil secara cepat dan meyakinkan.

Samsung Galaxy Note 7 mulai dijual ke pasar ponsel terhitung sejak 19 Agustus 2016. Ponsel ini diketahui didistribusikan di 10 negara di seluruh dunia. Samsung Galaxy Note 7 merupakan ponsel tablet flagship terbaru dari Samsung dengan keunggulan pada fitur keamanan pemindai retina.

YONHAP | MAYA NAWANGWULAN

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply