7 Fitur Baru di iOS 10.2 yang Dapat Digunakan di Indonesia

Sudah update ke iOS 10.2 untuk perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch? Apple memberikan banyak sekali catatan fitur baru untuk iOS 10.2 – mulai dari perbaikan bug system hingga daftar fitur baru. Namun tidak semua fitur baru ini bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia ya. Sebut saja TV App, SOS mode serta beberapa hal lain. Jadi, apa saja fitur baru yang bisa kamu gunakan? Berikut ini 7 daftarnya:

1. Emoji Baru

Ada lebih dari 100 Emoji baru di iOS 10 yang berasal dari standar Unicode 9 ya. Kategori yang digunakan juga beragam, mulai dari kegiatan olahraga, mimik wajah, profesi serta beberapa public place yang menarik. Tentunya jika kamu menggunakan Emoji baru ini dan mengirim kepada teman yang belum update ke iOS 10.2, tampilan di sisi penerima akan mengalami tanda missing object alias Emoji yang tidak dikenali.

2. Preserve Settings

Fitur ini ada di bagian Settings – Photo & Camera – Preserve Settings. Fungsinya adalah menyimpan Camera Mode dan Photo Filter yang terakhir kali kamu gunakan. Misalkan sedang menggunakan Potrait Mode di iPhone 7 Plus lalu menekan Home Button. Jika mode Preserve Settings untuk Camera Mode dalam posisi ON, tampilan Potrait Mode akan langsung dipilih jika kamu membuka app Camera kembali.

3. Press and Hold to Speak

Mode pengaturan ini ada di bagian yang agak tesembunyi. Yaitu di Settings – General – Accessibility – Home Button. Pilih Siri jika kamu ingin memanggilnya saat menekan dan tahan Home Button atau pilih Voice Control jika ingin memanggil fitur tersebut. Pilihan terakhir adalah mematikan keduanya dengan tombol OFF.



4. Widget Video App

Daftar Widget dari aplikasi bawaan kini bertambah satu lagi. Yaitu dari app Video untuk akses cepat dari Lockscreen atau Homescreen di perangkat iOS. Dengan fitur ini pengguna iOS 10.2 dapat dengan cepat kembali ke tampilan dokumen video yang sudah ditonton sebelumnya. Sebagai catatan, Widget ini tidak ada di pengguna perangkat iOS 10.2 di regional US ya, namun diganti dengan TV App.

5. Efek Pesan Baru di iMessage

Update iOS 10.2 juga memberikan 2 animasi Screen baru untuk mode kirim pesan di iMessage. Yaitu Love dan Celebration dalam mode Fullscreen. Tinggal ketik teks yang ingin kamu kirim lalu tekan dan tahan ke atas dari ikon panah di sebelah kanan. Masuk ke tab Screen lalu pilih deretan animasi yang kamu inginkan.

6. Swipe ke Atas di Mode Now Playing

Ingin mengganti musik yang sedang kamu putar atau memutar ulang? Mudah, dari tampilan Now Playing di iOS 10.2 silakan swipe atau geser dari bawah ke atas menampilkan 3 tombol navigasi tambahan. Yaitu Shuffle, Repeat and Up Next.

7. Sortir Urutan Library di Music

Masuk ke app Music dan akses tab Library. Tekan tombol Edit di kiri atas lalu pilih urutan yang kamu suka untuk list Playlists, Artists, Songs, Album atau mungkin Video. Saya sendiri tidak begitu suka menggunakan Playlists, jadi fitur ini saya simpan dengan cara tidak memberikan tanda checklist deh.

Punya Daftar Fitur Lain?

Dari 7 catatan di atas, apakah kamu menemukan daftar fitur baru lainnya yang hadir untuk iOS 10.2? Jika ada dan belum saya tuliskan, silahkan bantu melengkapinya dengan cara menulis di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar