7 Kejutan yang Dinanti di 'Pesta Hardware' Google

7 Kejutan yang Dinanti di Pesta Hardware GoogleFoto: Screenshot situs
Jakarta – Jika biasanya Google tak pernah menggembar-gemborkan saat akan meluncurkan ponsel anyar, kini mereka melakukan perubahan. 4 Oktober mendatang Google berjanji akan meluncurkan sesuatu yang besar di ‘hardware event’ tersebut.

1. Dua Ponsel

Bisa dibilang ini adalah rumor yang paling kuat berhembus selama ini. Ada dua ponsel yang akan diluncurkan dalam acara tersebut, dan keduanya dibuat oleh HTC.

Nama kedua ponsel itu adalah Pixel dan Pixel XL, yang mempunyai ukuran layar berbeda, yaitu panel AMOLED berukuran 5,2 inch dan 5,5 inch. Resolusi layar untuk versi 5,2 inch adalah 1080p dan 1440p untuk 5,5 inch, begitu juga kapasitas baterainya, 2.770 mAh dan 3.490 mAh.

Selain itu keduanya — berdasarkan rumor yang beredar — mempunyai spek yang hampir sama. Antara lain adalah prosesor Snapdragon 821 dengan empat inti berkecepatan 2,15 GHz dan GPU Adreno 530.

RAM-nya 4 GB dengan pilihan storage 32 dan 128 GB. Selain itu ada kamera belakang 12 megapixel dengan OIS dan lensa f/2, sementara kamera depannya 8 megapixel. OS bawaannya adalah Android 7.1 Nougat dan sensor sidik jari di belakang ponsel. Keduanya menggunakan port USB-C pada bagian bawah ponsel.

2. Google Home

Perangkat pesaing Amazon Echo ini pertama dipamerkan di Google I/O 2016 Mei lalu, dan sepertinya akan diluncurkan pada acara 4 Oktober mendatang. Google Home akan dilengkapi asisten digital anyar, serupa dengan yang dimiliki Google Allo.

Asisten digital ini juga akan terhubung dan bisa bekerja dengan bermacam perangkat smart home lain. Perangkat ini kabarnya akan dijual dengan harga USD 130.

3. VR + Cardboard

Di Google I/O 2016 Google menjanjikan akan membuat sebuah platform VR anyar bernama Daydream, lengkap dengan perangkat VR baru juga. Berdasarkan laporan terbaru, platform VR ini akan kompatibel dengan ponsel Pixel, jadi diasumsikan peluncurannya juga akan dilakukan 4 Oktober mendatang.

4. 4K Chromecast

Chromecast, yang merupakan salah satu produk Google paling laris disebut akan mendapatkan pembaruan, yaitu dukungan terhadap resolusi 4K. Chromecast anyar ini sepertinya akan bernama Chromecast Ultra, dan dijual dengan harga USD 69.

5. Google Wi-Fi

Setelah merilis router OnHub 2015 lalu, kini Google disebut akan merilis penerusnya, yang akan bernama Google Wi-Fi. Sejumlah sumber menyebut router ini akan mempunyai sejumlah fitur OnHub, dan dijual dengan harga USD 129.

6. Tablet Android anyar

Google kabarnya juga akan meluncurkan tablet baru yang akan dibuat oleh Huawei. Tablet tersebut mempunyai ukuran layar 7 inch, yang kemungkinan akan menjadi penerus Nexus 7. Tablet ini kabarnya juga akan dilengkapi dengan RAM 4 GB.

Evan Blass adalah orang yang menghembuskan rumor ini. Meski masih berupa rumor, Blass dikenal sebagai orang yang bocorannya cukup akurat. “Akan dirilis sebelum akhir tahun ini,” ujarnya di Twitter.

7. Kawin Silang Android-Chrome OS

Google kabarnya tengah membuat OS hasil kawin silang Android dan Chrome OS, yang dibuat untuk perangkat 2 in 1, yang akan bernama Andromeda.

Bukti kehadiran Andromeda ini juga muncul dalam barisan kode di Android 7.0 Nougat versi Android Open Source Project (AOSP), tepatnya dalam file SurfaceCompositionTest.java. Dalam file tersebut, terlihat kalau Andromeda nantinya akan membutuhkan kinerja grafis yang tinggi.

Maksudnya adalah, jika perangkat dengan OS Android biasa hanya membutuhkan skor 4.0 dalam tes tersebut, sementara Andromeda akan membutuhkan perangkat dengan skor minimal 8.0 untuk bisa beroperasi dengan optimal.
(asj/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar