7 Sumber Informasi Alternatif Facebook

KOMPAS.com – Netizen yang terbiasa memakai media sosial sebagai pemberi pemberi referensi berita, sebaiknya mulai menyiapkan alternatif.

Pasalnya, media sosial sekarang menjadi sarana untuk menyebarkan berbagai berita yang tak terkonfirmasi kebenarannya. Salah satu yang belakangan ini menjadi sorotan adalah masalah berita bohong di Facebook.

Sejumlah laporan media mendokumentasikan bahwa jumlah berita bohong yang dibagikan di Facebook makin meningkat. Bahkan sempat muncul dugaan bahwa persebaran berita bohong di platfomr tersebut sampai mempengaruhi hasil Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat.

Baca: Algoritma Facebook Bikin Donald Trump Menangi Pemilu AS?

CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri telah berjanji akan melakukan sejumlah perbaikan. Antara lain memperkuat deteksi, pelaporan dan peringatan mengenai berita bohong.

Meski sudah ada persiapan demikian, tak ada salahnya netizen bersiap-siap dengan sejumlah alternatif. Setidaknya, alternatif tersebut bisa dipakai memperluas wawasan terhadap sebuah informasi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Minggu (27/11/2016), berikut ini 7 alternatif yang bisa dipakai sebagai pengepul sekaligus referensi sumber berita.

1. Feedly

Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk agregasi atau mengepul berita dari berbagai sumber resmi. Pengguna cukup memilih topik dan sumber yang ingin ditampilkan.

Selanjutnya, aplikasi akan mendata dan menyajikan berita baru secara real time. Pengguna pun bisa membagikan berita yang mereka temukan ke media sosial atau aplikasi pesan instan.

Klik tautan ini untuk mengunduh Feedly di Android, atau tautan ini untuk mengunduh di iOS.

2. Flipboard

Aplikasi ini serupa dengan Feedly. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan berbagai berita yang beredar di situs oline.

Namuh Flipboard tidak bisa bekerja sendiri. Pengguna mesti memasangkannya dengan sumber berita di internet. Sumbernya sendiri bisa dipilih sesuai dengan preferensi penguna.

Klik tautan ini untuk mengunduh Flipboard di Android, atau tautan ini untuk mengunduh di iOS.

3. Apple News

Aplikasi ini khusus untuk pengguna sistem operasi iOS. Ini merupakan aplikasi bawaan yang berguna untuk mengumpulkan berbagai sumber berita dalam satu tempat, mirip dengan Flipboard dan Feedly.

Pengguna juga bisa mengaturnya agar hanya menampilkan konten terkait dengan topik tertentu.

4. Podcasts

Podcasts adalah sajian konten yang dibuat dalam bentuk rekaman suara dan biasanya diperbarui dalam hitungan hari, pekan atau bulan.

Konten tersebut memiliki topik yang bervariasi, mulai dari komedi, opini mengenai topik tertentu, diskusi dengan sejumlah ahli, hingga berita singkat.

Bila ingin coba mendengarkannya, pengguna bisa mengklik tautan ini untuk menuju salah satu penyedia podcasts.

5. Newletter

Sejumlah situs berita, dalam dan luar negeri menyediakan opsi berlangganan newsletter. Anda bisa mengikuti program ini untuk mendapatkan informasi terbaru.

Newsletter ini biasanya berisi ringkasan mengenai berbagai peristiwa atau berita yang sedang hangat. Dengan berpijak pada newsletter ini, pengguna bisa mengumpulkan informasi lain yang lebih mendalam.

6. Aplikasi situs berita

Rata-rata situs berita terkemuka memiliki aplikasi yang bisa diunduh, baik untuk iOS atau Android. Jika memang ingin selalu mendapatkan kabar terbaru, cukup unduh aplikasi tersebut dan atur agar memberi notifikasi ketika muncul berita baru.

Satu saja catatan, pastikan bahwa situs atau aplikasi berita yang Anda pasang memang berasal dari media yang terpercaya.

Setiap media memiliki cara kerja berbeda, namun masing-masing memiliki koridor serta kode etik sama. Misalnya sajian berita yang berimbang dan tidak memprovokasi golongan tertentu.

7. Twitter

Sama seperti Facebook, Twitter juga merupakan media sosial yang bisa dipakai sebagai pemberi referensi berita.

Memang harus diakui, di Twitter juga banyak sekali beredar berita-berita bohong. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperkecil kemungkinan berita itu muncul di linimasa Anda.

Salah satunya, cobalah untuk mengikuti akun-akun milik orang yang jelas memiliki kompeten di bidangnya atau media terpercaya.

Jangan lupa untuk menandai kicauan tak senonoh yang mungkin tak sengaja Anda temukan. Pakai juga fitur mute untuk mencegah munculnya kata-kata atau tanda pagar tertentu.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar