7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Reuters
Jakarta – Update Google Flights membuat layanan pencarian tiket pesawat ini memikat pengguna. Dengan fitur terbaru, mendapatkan tiket pesawat sesuai keinginan menggunakan Google Flight jadi makin mudah.

Dalam beberapa hal, Google Flight mungkin bisa menyaingi bahkan mengalahkan travel agent manusia. Wajar saja, dengan sumber informasi dalam genggaman Google, mudah bagi raksasa internet ini menyajikan apa yang diperlukan para traveller, terutama yang berburu tiket murah.

Berikut adalah beberapa fungsi unggulan Google Flight yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan travelling.

1. Mendapatkan notifikasi saat harga tiket naik

Setelah mengisi kota asal, tujuan perjalanan yang direncanakan dan mengaktifkan pilihan terima email notifikasi untuk penerbangan, pengguna akan mendapat notifikasi email soal update harga terbaik bagi penerbangan yang dipilihnya, mulai dari yang murah sampai mahal.

Jika menggunakan Google Flights di ponsel, Anda akan melihat pop up notifikasi yang memberitahukan ketika harga untuk penerbangan tertentu naik.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Notifikasi ini tidak tersedia untuk setiap rute dan kita tidak bisa mengontrol kapan notifikasi ini muncul. Keuntungannya, fitur ini membantu memprediksi berapa banyak waktu yang tersisa sebelum harga tiketnya naik.

2. Memberi saran destinasi

Mungkin ada saatnya ketika Anda sudah penat dan ingin berpergian, namun belum tahu mau pergi ke mana. Nah, Google bahkan bisa memberikan saran destinasi yang bisa Anda pilih.

Hanya perlu ketikkan misalnya ‘penerbangan ke Jawa Timur’ di mesin pencarian Google, lalu klik pilihan tab Flights. Google Flights akan menampilkan peta kota-kota di Jawa Timur yang bisa dipilih sebagai destinasi. Pada setiap kota pun akan tampil pop up yang menampilkan harga tiket pesawat.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Jadi Anda bisa membandingkan berapa ongkos Jakarta-Surabaya dengan Jakarta-Malang. Anda juga bisa menampilkan opsi berdasarkan jenis maskapai, durasi penerbangan dan rentang harga sesuai budget.

3. Minta Google Rencanakan Liburan

Fungsi ‘I’m feeling lucky’ di pencarian Google berlaku juga untuk layanan Flights. Klik map di dalam Google Flights, pilih tempat keberangkatan, lalu klik tombol ‘I’m Feeling Lucky’ dan biarkan Google memilihkan destinasi berdasarkan history hasil pencarian kita, atau tempat-tempat yang sedang populer.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Kita juga bisa melihat grafik yang ditampilkan di sebelah kiri untuk mengetahui kapan tiket pesawat ke destinasi yang dituju sedang dibanderol murah.

4. Mencarikan tiket pesawat sesuai budget

Google Flights akan menampilkan kotak ‘best flights’ yang memberitahukan penerbangan mana yang merupakan kombinasi terbaik dari segi harga dan waktu tempuh.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Jadi, Anda tidak perlu berpikir lagi apakah penerbangan dengan transit bisa lebih murah, atau penerbangan non stop yang memerlukan biaya ekstra cukup pantas.

5. Menampilkan harga termurah berdasarkan tanggal kalender

Jika Anda berencana melakukan perjalan di bulan Oktober, Google Flights akan menampilkan harga tiket pesawat untuk setiap tanggal di bulan tersebut.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Tanggal dengan harga tiket termurah akan diberi highlight berwarna hijau. Akan tampil pula grafik di bagian bawah yang memberitahukan naik turun harga tiket dalam kurun waktu sebulan.

6. Menyarankan keberangkatan dengan tiket murah

detikINET menjajal dengan memasukkan rencana penerbangan Jakarta – Yogyakarta pergi pulang berdasarkan harga termurah. Hasil pencarian pun mengurutkan penerbangan pesawat sesuai preferensi. Update ini memunculkan pula kartu informasi yang akan memberitahukan harga tiket mengalami penurunan atau peningkatan yang akan terjadi selama beberapa hari.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

Google bahkan memberikan saran untuk pergi di tanggal tertentu agar lebih murah. Misalnya, detikINET memilih tanggal keberangkatan pada 4 November 2016. Muncul saran berbunyi, “Save USD 18 if you leave on Thu, 3 Nov. Depart 1 day earlier.” Jadi, Google sekaligus memberitahu, uang yang bisa dihemat adalah USD 18 atau sekitar Rp 230 ribu jika pergi sehari lebih awal. Lumayan bisa menghemat kan.

7. Biarkan Google yang memantau harga tiket

Jika Anda sudah menemukan penerbangan yang diinginkan, tinggal klik tombol ‘save this itinerary’. Biarkan aplikasi Google Now yang memantau harga tiketnya. Google akan mengirimkan email notifikasi jika harganya turun drastis.

7 Trik Google Flights Carikan Tiket Pesawat Murah Foto: Screenshot Google Flight

(rns/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar