8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau ada Apple Store di Indonesia

Beragam berita dan rumor mengenai kehadiran Apple di Indonesia semakin sering beredar di akhir tahun 2016. Mulai dari beragam iPhone yang akhirnya tembus sertifikasi di badan POSTEL hingga kabar mengenai investasi Apple membangun R&D di Indonesia senilai 600 Miliar. Bagi Apple Fanboy, tujuan akhir paling penting dari semua kerjasama Apple dan Indonesia adalah tersedia Apple Store. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan jika Apple Store sudah hadir di Indonesia? Simak penjelasan berikut ini ya:

8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau ada Apple Store di Indonesia

1. Mencoba Produk Baru di Apple Store

Jika Apple Store sudah resmi tersedia di Indonesia, beragam produk baru dari Apple pastinya juga dapat kamu coba di jajaran display secara lebih cepat – dibandingkan dengan Apple Authorized Reseller. Sebagai contoh yaitu sehari setelah Apple Event ‘Hello Again’ yang mengenalkan MacBook Pro 2016, Fauzan Alfi bisa langsung mencobanya di Apple Ginza.

2. Belanja dengan Harga Sesuai di Apple.com

Harga produk di Apple Store tentunya sama dengan harga barang yang ditulis di Apple.com ya. Tidak ada lagi perbedaan harga seperti jika kamu membeli di Apple Authorized Reseller. Tentunya dengan harga yang jelas dan bisa dipantau secara mudah, kamu bisa mempersiapkan tabungan atau budget yang dibutuhkan secara lebih detail dan tidak kesulitan mencari perbandingan harga termurah lagi.



3. Membeli Produk Khusus yang Hanya Dijual di Apple Store

Ada 2 jenis produk khusus yang dapat kamu beli di Apple Store. Yaitu Product (RED) yang bekerja sama dengan yayasan yang mengumpulkan donasi untuk penderita AIRS serta beragam produk dengna logo Only at Apple. Untuk (RED), ada 4 produk baru yang dapat kamu beli hingga tahun depan yaitu iPhone 7 Smart Battery Case, iPhone SE Case, Beats Solo 3 Wireless On-Ear Headphones dan the Pill+ Portable Speaker. Selain warna yang merah menyala dan tampak sangat menarik, pembelian produk ini juga sekaligus memberikan sumbangan pada yayasan AIDS dunia.

Lanjut ke produk Only at Apple, ada beberapa aksesoris menarik yang dirilis beragam produsen dan memang hanya dijual khusus di Apple. Contohnya adalah SteelSeries Nimbus Wireless Gaming Controller, Battle-Worn BB–8 Droid with Force Band by Sphero, Lifeprint Photo and Video Printer serta beragam produk lainnya. Tentunya produk ini dibuat untuk berfungsi dengan perangkat iOS atau komputer Mac secara maksimal ya.

4. Pesan Barang di Apple Online Store

Jika toko fisik Apple sudah hadir di sebuah negara, pastinya Apple Online Store alias layanan belanja lewat website di store.apple.com juga sudah tersedia. Beberapa kelebihan dari mode belanja di Apple Online Store adalah bisa membeli barang secara Pre-Order alias pesan sebelum resmi dijual di toko Apple dan dikirim langsung ke rumah serta mendapatkan mode kustomisasi seperti engrave dan bungkus kado untuk memberikan produk Apple sebagai hadiah bagi keluarga atau teman kamu.

5. Pesan Komputer Mac dengan Spesifikasi Khusus

Masih seputar Apple Online Store, kamu juga bisa memesan komputer Mac dengan spesifikasi sesuai kebutuhan jika negara tersebut sudah mendukung. Tinggal masuk ke halaman Apple Online Store di bagian komputer Mac, pilih dari daftar yang kamu butuhkan lalu pilih kustomisasi.

Beberapa jenis kustomisasi yang dapat kamu pesan adalah membeli MacBook Pro dengan 16GB RAM, Keyboard standar bahasa lain, pre-Installed software untuk pengguna professional seperti Logic Pro X atau Final Cut Pro X atau beragam hal lainnya.

6. Mengikuti Workshop dengan Apple Genius

Baru menggunakan produk Apple dan khawatir tidak dapat menikmati setiap fiturnya secara optimal? Tenang, jika di Indonesia sudah ada Apple Store, kamu bisa mengikuti beragam Workshops yang disediakan oleh Apple! Teman workshops adalah seputar penggunaan perangkat Apple seperti mengenal Apple Music, Apple Watch, panduan dasar untuk Mac dan iPhone serta akun iCloud.

Daftar acara Workshops ini juga dapat kamu cek di halaman Apple Retail Learn secara lengkap yaitu waktu berlangsung, tema dan juga mode reservasi jika diperlukan. Tentunya semua ini tersedia gratis dan terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar atau lebih mengenal fitur dari produk Apple.

7. Klaim Barang Lebih Cepat

Sekali lagi, karena Apple Store adalah toko yang langsung dikelola oleh Apple, maka setiap proses klaim atau perbaikan produk yang kamu miliki dapat berlangsung lebih cepat. Tinggal datang ke salah satu Apple Store, jelaskan kerusakan yang kamu alami kepada tim Apple Genius dan proses pengecekan akan dilakukan.

Dari beberapa pengalaman Sahabat MakeMac yang pernah melakukan klaim di Apple Store (di luar Indonesia), proses penggantian produk akan langsung dilakukan jika memang sesuai dengan syarat yang berlaku dan ketersediaan stok barang. Bahkan menurut Burhanudin Yusuf yang pernah mengajukan klaim untuk iPad Mini 2 dengan masalah hardware, pihak Apple Große Bockenheimer Straße sampai menawarkan refund alias mengembalikan uang secara utuh jika merasa tidak puas atau bisa mendapatkan produk pengganti dalam kondisi baru pada saat itu juga.



8. Belanja dengan Apple Pay

Salah satu hal menarik di Apple Store yang juga dapat kamu coba adalah melakukan pembayaran dengan sistem Apple Pay – tentunya di negara yang masuk dalam dukungan sistem pembayaran Apple Pay. Bagi kamu yang belum tahu, Apple Pay adalah sistem mobile payment dan digital wallet dari Apple yang menggunakan sensor NFC di iPhone 6 atau yang lebih baru, Apple Watch dan TouchID di MacBook Pro dengan Touch Bar.

Punya Pengalaman Belanja di Apple Store?

Banyak sekali ya hal menarik yang bisa kamu lakukan jika Apple Store sudah tersedia di Indonesia! Selain daftar di atas, masih banyak lagi hal seru lain yang bisa kamu lakukan kok! Seperti mendapatkan kantung belanja khusus dari Apple setiap pembelian produk (berupa tas kain dengan logo Apple), membeli beragam aksesoris yang pastinya cocok untuk digunakan dengan produk Apple dan juga bertemu dengan para Apple Fanboy lainnya.

Apakah ada pembaca MakeMac yang punya pengalaman menarik saat mengunjungi Apple Store di luar negeri? Bagikan di kolom komentar ya!






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar