8 Perintah Cerdas Memanfaatkan Siri + Apple Music

Sudah seminggu lebih sejak Apple merilis iOS 8.4 dan Apple Music kepada kamu para Appke Fanboy di seluruh dunia. Gak sekedar layanan berlangganan untuk menikmati konten musik dan video, Apple Music juga mendukung kendali lewat Siri kok! Berikut ini beberapa perintah sederhana untuk membuat kamu makin menikmati Apple Music.

1. Putar Semua Lagu

Sederhana saja, ucapkan perintah kepada Siri: “Play All Songs”. Setelah itu asisten cerdas ini akan meminta Apple Music memutar semua lagu yang ada di iPhone atau iPod kamu secara acak (shuffle).

2. Kurang Suka Lagu Tersebut? Lewati Saja

Sedang gak mood dengan lagu yang diputar? Tidak perlu keburu masuk ke Control Center atau Apple Music untuk mengubahnya, gunakan saja perintah “Skip”. Siri akan mengganti lagu yang diputar ke daftar berikutnya dengan cepat.

3. Beri Tanda Likes atau Rating

Apple Music punya fitur Likes dan tanda Rating dengan bintang, pastinya kamu sudah tahu ini. Bagian tersebut berfungsi untuk membantu algoritmanya menyusun daftar lagu di menu For You menjadi lebih baik.

Nah jika kamu ingin memberikan tanda tersebut pada lagu yang sedang diputar, gunakan perintah ini: “Like this song” atau “Give 5 stars”. Mudah dan cepat kan!

4. Memutar Sebuah Lagu Setelah Ini

Ingin mendengarkan sebuah lagu tanpa menghentikan yang sedang dimainkan sekarang? Gunakan perintah ini: “After this song play (judul lagu)”. Saya lebih suka perintah ini daripada harus tiba-tiba mengganti lagu yang sedang diputar ke lagu lainnya.

5. Menunjukkan Daftar Lagu

Siri dapat membantu kamu menunjukkan daftar lagu berbagai aliran musik dan tahun di Apple Music. Gunakan saja perintah sederhana seperti “Play the top songs from 2014” atau dengan kalimat yang semacamnya. Tenang, jangan takut salah karena Siri sudah sangat cerdas sekarang.


Baca Juga:

6. Suka Lagu Tersebut? Masukkan ke My Music ya!

Apple Music memiliki tab bernama My Music yang berisi daftar lagu yang sudah kamu masukkan ke library – baik yang tidak diunduh atau sudah dapat didengarkan secara offline. Silahkan ucapkan perintah “Add this song to my library” untuk menyimpan ke My Music ya!

Sayangnya saya belum menemukan perintah untuk membuat Siri mengunduh lagu tersebut ke mode offline. Apakah kamu tahu? Bagikan di kolom komentar ya!

7. Menebak Penyanyi & Judul Album

Daripada harus masuk ke Apple Music dan melihat daftar informasinya, kamu bisa meminta Siri menunjukkan siapa penyanyi lagu tersebut atau dari album apa. Gunakan perintah “Who sing this” atau “What album is this from” untuk melakukan 2 hal tersebut. Sebagai catatan, pastikan kamu sedang memutar lagu tersebut ya – jangan masuk mode pause atau Siri tidak bisa membantu mencarikan infonya.

8. Setting Timer untuk Apple Music

Oke, ambil kasus kamu sering mendengarkan musik sebelum tidur selama satu jam saja, dan ingin perangkat iPhone dan iPad kamu ikut istirahat ketika terlelap. Gampang kok, gunakan saja fitur Timer dengan perintah berikut: “Set timer for Apple Music”. Setelah itu Siri akan menjawab dengan berapa lama waktu yang ingin kamu atur, ketik atau ucapkan saja satu jam misalnya.

Nah sekarang kamu bisa menikmati musik yang diputar selama waktu tersebut. Tidak perlu takut iPad atau iPhone kamu begadang semalaman memutar musik, sudah ada timer yang akan menghentikan lagu kamu kok.

Buruan Cobain Ya!

Saya sudah mencoba beragam perintah untuk membuat Siri mengendalikan Apple Music. Perpaduan paling menarik untuk mencoba fitur ini adalah perangkat earphone nirkabel dan iPhone yang diletakkan pada docking speaker di ruang keluarga kamu. Atau bisa juga ketika sedang di kantor – jika kamu ingin membuat teman-teman yang lainnya takjub dengan Siri.

Dari beragam perintah Siri di Apple Music yang sudah saya bahas, mana yang menjadi favorit kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


Gambar


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply