8 Persiapan Update iOS 12 untuk Pengguna Umum

[UPDATE]: iOS 12 dan watchOS 5 akan dirilis tanggal 17 September jam 10.00 PDT (Pacific Daylight Time). Itu artinya update tersebut akan tersedia tanggal 18 September jam 00.00 WIB.

Update iOS 12 akan segera dirilis untuk pengguna umum. Ya, jika mengikuti tradisi sebelumnya, update iOS terbaru akan rilis beberapa hari hingga sepekan setelah Apple Event di bulan September. Persiapan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mengunduh update iOS 12? Simak catatan dari tim MakeMac ya!

1. Cek Daftar Perangkat yang Mendukung

Pastikan dulu bahwa perangkat iOS yang kamu gunakan, masuk dalam daftar perangkat yang mendukung iOS 12. Sesuai dengan pengenalan iOS 12 di ajang WWDC 2018 lalu, Apple memberikan dukungan sistem operasi ini untuk semua perangkat iOS yang juga mendukung iOS 11.

Yaitu perangkat iPhone mulai dari iPhone 5s hingga iPhone X, perangkat iPad mulai dari iPad Mini 2 hingga iPad Pro 10.5 inci dan iPod Touch hanya di generasi keenam saja. Daftar lengkapnya dapat kamu lihat pada gambar di atas.

2. Cadangkan Data, Penting!

Cadangkan data atau Backup adalah salah satu langkah paling penting sebelum melakukan update ke iOS 12. Tujuan dari mencadangkan data adalah persiapan jika saat update nanti, kamu mengalami kendala seperti error atau hal lainnya. Jika sudah memiliki cadangan data, kamu tidak perlu takut untuk melakukan Restore from Backup alias kembali ke iOS 11 jika diperlukan.

Ada beberapa cara mencadangkan data yang bisa kamu lakukan ya. Mulai dari Backup di iTunes atau iCloud, hingga cadangkan data secara manual. Maksud dari cara manual adalah menyalin data foto dari Camera Roll ke perangkat komputer atau jenis data lainnya sesuai cara yang biasa kamu gunakan. Misalnya untuk saya pribadi, biasa mencadangkan data foto dari Camera Roll ke perangkat komputer Mac dengan bantuan aplikasi Image Capture.

Sebagai tambahan bagi kamu yang menggunakan metode cadangkan data lewat iTunes, silakan gunakan fitur Archive jika diperlukan. Dengan mode Archive, cadangan data tersebut tidak akan tertimpa dengan Backup berikutnya yang sudah menggunakan iOS 12. Sehingga kamu bisa melakukan downgrade ke iOS 11 jika diperlukan dan kembali ke cadangan data tersebut.

3. Catat Passcode Lock dan Akun Apple ID

Salah satu metode update ke iOS 12 adalah OTA Updates alias langsung dari perangkat tersebut. Syarat utama untuk melakukan OTA Updates di sisi keamanan adalah memasukkan Passcode Lock atau kode kunci keamanan. Pastikan kamu mengetahui Passcode Lock dari iPhone yang digunakan ya.

Nantinya setelah update, kamu harus memasukkan password Apple ID untuk login pertama kali atau membuka proses iCloud Activation. Sedangkan untuk metode update via iTunes, kamu harus mengingat kode Encrypted Backup yang sebelumnya kamu gunakan.

Jika kamu tidak ingat dengan Passcode Lock yang digunakan, silakan ikuti panduan yang diberikan oleh Apple berikut ini. Sedangkan jika kamu lupa dengan password Apple ID, silakan masuk ke laman iforgot.apple.com dan pilih mode Recovery Password yang dapat kamu lakukan.

4. Koneksi Internet yang Stabil

Dokumen update iOS 11 menggunakan ukuran sekitar 2GB atau lebih – tergantung jenis perangkat iOS yang kamu gunakan. Pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang cukup kencang dan stabil supaya proses mengunduh update ini dapat berlangsung dengan lancar.

Saran saya, jangan gunakan koneksi internet gratisan di tempat umum seperti cafe, Wi-Fi umum di kawasan kampus atau hal lainnya. Silakan gunakan internet dari modem Wi-Fi portabel yang kamu gunakan secara pribadi atau jaringan Fiber Optic yang ada di rumah dan dipancarkan lewat Router nirkabel.

Kamu juga bisa meminta teman yang punya koneksi internet kencang, untuk mengunduh IPSW (firmware) iOS 12 yang dibutuhkan oleh perangkat iOS milik kamu. Salin IPSW tersebut dengan flashdisk atau storage eksternal lainnya lalu gunakan metode update via iTunes. Kamu juga bisa memberikan dokumen IPSW tersebut kepada teman lain dengan perangkat yang sama. Sehingga mereka bisa melakukan update ke iOS 12 tanpa repot mengunduh dokumennya dalam ukuran besar.



5. Update Aplikasi

Saran ini sebetulnya opsional saja. Yaitu melakukan update untuk semua aplikasi yang kamu gunakan, sebelum mengunduh dan instal iOS 12. Tujuannya adalah memastikan setiap aplikasi dalam versi terbaru yang mungkin sudah mendapatkan dukungan penuh di iOS 12. Alasan lainnya adalah menguji koneksi internet yang sedang kamu gunakan, sebelum mengunduh update ke iOS 12.

6. Kosongkan Ruang Penyimpanan Secukupnya

Lebih nyaman dengan OTA Updates untuk menuju ke iOS 12? Pastikan bahwa kamu punya free storage alias kapasitas penyimpanan kosong yang cukup ya. Sebagai contoh jika dokumen OTA Updates yang harus kamu unduh memiliki ukuran 2GB, sebaiknya berikan ruang penyimpanan kosong hingga sekitar 4GB.

Langkah ini dilakukan untuk menjamin perangkat iOS tidak kesulitan mencari storage yang akan digunakan saat instal ke iOS 12. Sehingga kendala seperti error atau masalah lainnya dapat kamu minimalisir.

Cara terbaik untuk mendapatkan free storage dalam waktu singkat adalah menghapus beberapa aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan dalam jumlah besar. Silakan cek di Settings – General – iPhone Storage lalu cari aplikasi yang paling banyak memerlukan kapasitas penyimpanan untuk dihapus dan instal kembali setelah update ke iOS 12.

7. Unduh IPSW iOS 11 Terbaru, Downgrade Jika Diperlukan

Biasanya Apple akan membuka jalur downgrade ke iOS 11 terbaru, selama beberapa minggu setelah iOS 12 resmi dirilis. Langkah ini diberikan untuk membantu kamu kembali ke iOS 11 jika diperlukan. Misalnya karena menemukan beberapa aplikasi penting tidak dapat digunakan, baterai boros atau hal teknis lainnya.

Supaya kamu bisa dengan cepat melakukan downgrade, silakan sejak sekarang unduh terlebih dahulu IPSW dari iOS 11 versi terbaru ya. Sehingga ketika server Apple dalam keadaan sibuk, kamu sudah punya IPSW iOS 11 yang bisa digunakan untuk downgrade saat diperlukan. Saya pribadi biasa mengunduh dari laman ipsw.me karena punya tampilan yang mudah dipahami dan mudah diakses.

8. Update Saat Sempat, Tidak Usah Terburu-Buru

Ada 2 karakter Apple Fanboy dalam menyikapi update iOS terbaru. Pertama adalah mereka yang ingin segera update setelah iOS 12 rilis. Kedua adalah mereka yang lebih sabar dan ingin mengunduh update iOS 12 di waktu luang.

Jika kamu termasuk kelompok yang pertama, silakan baca penjelasan berikut ini. Nantinya pada saat iOS 12 rilis untuk pengguna umum, banyak pengguna lain yang juga punya antusias sama – ingin segera update. Hal ini bisa membuat server Apple diakses oleh jutaan pengguna secara bersamaan dan proses unduh update iOS 12 menjadi lebih lambat. Bukan tidak mungkin juga bahwa hal ini bisa membuat proses update ke iOS 12 menjadi error atau mengalami masalah.

Bagi kamu yang termasuk dalam kelompok kedua, paragraf ini untuk kamu. Silakan lakukan semua persiapan yang sudah saya berikan di atas. Setiap langkah dapat kamu lakukan dengan cepat dan kamu bisa melakukan update iOS 12 di rumah pada akhir pekan misalnya. Dengan cara menunda update ke iOS 12, beberapa kemungkinan buruk dapat kamu hindari seperti akses server Apple lambat, kemungkinan data hilang atau masalah error lainnya.

Apakah kamu sudah siap mengunduh update iOS 12 yang akan segera rilis di bulan September? Atau punya pertanyaan seputar iOS 12 yang masih menjadi rasa penasaran? Silakan tulis di kolom komentar ya!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply