8 Tips Pintar Berbagi Cerita Viral di Instagram Stories





Instagram Stories kini menjadi fitur yang sangat laris di sosial media Instagram. Kurang dari setahun pertama, Instagram Stories sudah mencatat 250 juta pengguna harian dan terus meroket. Ingin terkenal, viral atau memberikan konten lebih berkualitas di Instagram Stories untuk para penonton setia? Silakan simak beragam tips menggunaan Instagram Stories dari tim MakeMac ya!

1. Tentukan Tema Cerita


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan cerita yang ingin dibagikan lewat Instagram Stories. Apakah kamu akan membagikan kegiatan sehari-hari dengan cara merekam langsung lewat in-app camera di Stories, membuat video singkat dalam beberapa klip pendek di Stories atau mungkin sederetan foto cantik yang diedit terlebih dahulu lewat komputer.

Pastikan bahwa konten yang kamu bagikan memiliki nuansa cerita atau hal eksklusif yang hanya dapat ditonton lewat Stories tersebut. Sehingga penonton dari cerita tersebut ingin kembali lagi untuk melihat konten lainnya dalam waktu yang akan datang.

2. Konten Vertikal adalah Segalanya


Instagram Stories menggunakan konten foto atau video vertikal alias tegak. Pastikan setiap foto atau video yang kamu bagikan ada dalam format tersebut agar menjamin tampilan yang penuh. Hindari untuk menggunakan foto atau video mendatar dan memberikan tepian kosong di bagian atas atau bawah. Hal tersebut akan membuat terlalu banyak ruang kosong sia-sia dan tidak sedap untuk dinikmati penonton.

Bagaimana cara mendapatkan video vertikal untuk Instagram Stories? Ada 2 cara mudah yang dapat kamu lakukan yaitu rekam video menggunakan iPhone atau kamera digital dengan mode tegak. Atau gunakan mode mendatar namun pastikan objek utama yang ingin kamu rekam ada di bagian tengah layar jika dipotong menjadi mode vertikal nantinya.

3. Video dan Foto, Kombinasikan Saja!

Secara format dokumen, Instagram Stories mendukung konten foto dan video. Pastikan kamu menggunakan keduanya secara bergantian dan saling melengkapi. Jangan terlalu sering menggunakan video karena bisa saja penonton Stories kamu tidak memiliki koneksi internet yang cukup untuk memutar video setiap saat. Namun juga jangan selalu mengandalkan foto karena kesannya sangat monoton apalagi dalam jumlah yang banyak.

4. Edit Gambar dan Video dengan Aplikasi yang Tepat


Kamu tidak harus menggunakan mode jepret kamera atau video di Instagram Stories untuk membuat konten. Silakan gunakan kreativitas kamu untuk membuat gambar dengan desain yang menarik, edit video dengan komputer atau mungkin langsung di perangkat iOS lewat aplikasi tambahan. Syarat mutlak yang harus kamu tahu adalah aplikasi edit video atau foto tersebut mendukung konten dalam format tegak.

Beberapa nama aplikasi yang biasa saya gunakan untuk mengedit konten Instagram Stores adalah Adobe Spark, Phonto, Snapseed atau aplikasi video seperti Splice, Carve, serta Story Splitter untuk memotong video panjang menjadi 15 detik dan bersambung ke 15 detik berikutnya. Punya aplikasi lain yang bisa kamu rekomendasikan kepada Sahabat MakeMac lainnya? Silakan tulis di bagian akhir artikel ini ya.



5. Lebih Interaktif dengan Stiker, Polls, Teks Berwarna dan Pesan Langsung


Instagram Stories punya banyak sekali konten Stiker dan hiasan pelengkap lainnya yang dapat kamu gunakan. Misalkan untuk Stiker, silakan gunakan untuk membuat foto kamu tampil lebih menarik dan unik. Cara lain adalah menggunakan Hashtag Sticker, Polls atau teks dengan warna warni sesuai mood yang ingin kamu tampilkan.

Karena Instagram Stories juga mendukung mode pesan langsung, silakan gunakan fitur ini untuk membuat konten kamu terasa lebih interaktif. Misalkan dengan cara lempar pertanyaan di Instagram Stories dan meminta penonton kamu menjawabnya lewat mode pesan langsung.

6. Bagikan Stories di Waktu Favorit

Konten yang menarik, informatif dan sudah tersusun rapi akan menjadi sia-sia saja jika kamu tidak melemparkannya di waktu yang tepat. Ya, pastikan kamu mengamati waktu yang paling tepat untuk membagikan konten di Instagram Stories. Apakah pagi hari sebelum beraktifitas, siang hari saat istirahat makan siang atau mungkin di malam hari sebelum tidur? Cara terbaik untuk melihat semua hal tadi adalah menggunakan Insight dan waktu paling banyak dari para penonton memberikan reaksi dari konten tersebut.

7. Cek Insights


Jika kamu sudah menggunakan akun Instagram untuk Bisnis, mempelajari Insights (Wawasan) adalah salah satu hal wajib. Data yang dapat diperoleh dari Insights adalah jenis kelamin, rentang usia, lokasi dan banyak hal lainnya. Kiriman yang paling sering mendapatkan respon atau interaksi juga akan terlihat dengan lebih mudah dan lengkap lewat mode Insights. Setelah mengamati Insights, tentukan konten berikutnya yang ingin kamu bagikan. Misalkan jika penonton kamu di usia remaja, bagikan konten yang bersifat edukatif atau mudah dicerna oleh usia muda.

8. Dari Stories, Ajak ke Feed Instagram


Feed di Instagram menggunakan algoritma yang akan menampilkan konten dari akun favorit kamu menjadi lebih sering atau selalu tampil lebih dahulu. Dengan cara tersebut, akun baru yang masih mendapatkan sedikit interaksi dengan Followers akan lebih mudah “tenggelam” alias tidak tampil. Salah satu cara menyiasati hal tersebut adalah menggunakan interaksi di Instagram Stories.

Kamu bisa membuat sebuah Stories dengan info mengenai posting baru di feed Instagram. Atau buat sebuah pengumuman bersambung, quiz serta beberapa contoh kegiatan lainnya yang dapat mengajak pengguna untuk menuju ke profile kamu di Instagram. Cara ini diketahui cukup ampuh untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna Instagram Stories untuk melakukan interaksi lanjuta di Feed Instagram.

Punya Tips Lain?

Masih banyak hal menarik lainnya yang dapat kamu lakukan di Instagram Stories. Mulai dari Highlighs dan Archive, mode Stop Motion serta pembatasan penonton dan kirim pesan langsung jika diperlukan. Bagian paling penting untuk terus mendapatkan interaksi dari Instagram Stories adalah konsistensi postingan dan juga konten yang menarik serta ekslusif.

Punya tips lain untuk berbagi Instagram Stories? Bagikan di kolom komentar dan jangan lupa Follow @MakeMac ya!

Download Instagram · Harga: Gratis






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply