Kepolisian Inggris mulai kembangkan teknologi berbasis AI untuk deteksi resiko kejahatan sebelum dilakukan, dan mencegahnya sebelum terjadi.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com – Kejahatan adalah sesuatu yang harus dibasmi, karena implikasinya terhadap korban dan pelaku mampu merusak kehidupan.

Namun, bagaimana bila ada cara untuk mengetahui calon pelaku yang bahkan belum melakukan kejahatan, sama seperti pada film Hollywood Minority Report yang dibintangi oleh Tom Cruise?

Hal inilah yang saat ini sedang dikembangkan oleh kepolisian di Inggris.

Caranya adalah dengan membangun sistem Artificial Intelligence (AI) yang mampu mengendus kejahatan yang belum dilakukan.

Baca Juga : CCTV Berbasis AI Di China Buat Kesalahan, Buat Malu Seorang CEO

Tentu saja caranya tidak bersifat khayalan seperti di dalam film yang menggunakan kemampuan psikis untuk membaca masa depan.

Menurut laporan dari New Scientist, sistem yang dinamakan National Data Analytics Solution (NDAS) ini menggunakan informasi sebagai model prediksi berbasis AI.

Sistem AI ini akan menggunakan data yang diambil dari database kepolisian lokal dan nasional di Inggris untuk membangun pola kebiasaan dari pelaku kejahatan.

Ian Donnelly selaku polisi yang mengepalai proyek ini mengatakan mereka telah mengumpulkan lebih dari satu terabyte data dari database pelaku kriminal.


Video Pilihan

Penulis: David Novan Buana

Sumber : Nextren.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply