Ada 'Noda' di Tengah Melesatnya Internet Indonesia

Ada Noda di Tengah Melesatnya Internet IndonesiaFoto: detikINET/Yudhianto
Jakarta – Indonesia menunjukkan peningkatan kecepatan yang signifikan menurut laporan terbaru Akamai. Meski begitu, ada yang harus digarisbawahi.

Akamai melaporkan kecepatan tertinggi internet Indonesia kini bisa mencapai 110 Mbps, melampaui Korea Selatan yang hanya 103 Mbps. Pencapaian ini menempatkan Indonesia di peringkat ketiga sebagai negara dengan internet yang kecepatan puncaknya paling tinggi di bawah Singapura dan Hong Kong.

Perkembangan infrastruktur telekomunikasi yang cepat di Indonesia pun disebut-sebut sebagai alasan tercapainya raihan tersebut. Namun Ali Hakim, Country Manager Akamai Indonesia, memberikan catatan.

Meski berhasil mencetak peringkat ketiga yang kecepatan puncak internetnya paling tinggi sedunia, tapi kebanyakan dominasinya hanya di kota-kota besar. Menjadikan pemerataan internet di Indonesia dianggap kurang, dan bahkan masih kalah jauh dibanding negara lainnya.

“Indonesia sangat cepat peningkatan infrastrukturnya (internet-red), tapi kebanyakan di kota-kota besar. Sehingga penetrasinya masih jauh kalau dibanding negara lainnya,” ujar Ali, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Walau dalam kondisi demikian, Ali tak menampik kalau Indonesia telah menjadi salah satu negara yang telah menganut mobile first. Tantangannya sekarang adalah bagaimana caranya memberikan koneksi yang optimal di atas infrastruktur yang belum benar-benar stabil di cukup banyak daerah.

Mike Afergan yang menjabat SVP Akami Asia Pacific-Japan mengatakan, salah satu cara yang telah ditempuh Akamai adalah menjalin kerjasama dengan operator telekomunikasi lokal untuk memberikan sambungan internet yang optimal. Walau dalam kondisi infrastruktur yang belum sepenuhnya stabil.

Akamai sendiri sejatinya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang optimalisasi koneksi internet. Dalam kerjasamanya, perusahaan ini telah menempatkan server optimasi di banyak penyedia layanan internet di dunia, termasuk Indonesia.

Server-server yang tersebar secara global itu kemudian saling terhubung untuk membentuk jaringan yang disebutnya optimal. Selanjutnya jaringan tersebut akan dimanfaatkan Akamai untuk memberikan sambungan tercepat dan bandwidth terbesar untuk setiap koneksi yang melewatinya.

“Tiap pengguna yang melalui jalur Akamai akan dicarikan jalur tercepat dan bandwidth terbesar untuk mencapai tujuannya (misal: situs-red), sehingga koneksinya optimal. Di Indonesia, server Akamai sudah ada di banyak ISP,” kata Mike.

Tapi Mike juga mengakui kalau provider atau penyedia infrastruktur di Indonesia juga bekerja keras agar bisa memberikan kecepatan yang lebih tinggi lagi. “Sebab di situ ada peluang bisnis,” pungkasnya.
(yud/ash)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply