Akamai Klaim Bisa Buang Serangan DDoS

Akamai Klaim Bisa Buang Serangan DDoS (Ilustrasi/Foto: Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta – Dunia maya tak lepas dari yang namanya serangan cyber, salah satunya adalah DDoS (Distributed Denial of Service). Namun Akamai mengklaim mampu membuang ancaman trafik ‘pemerkosa’ jaringan itu.

DDoS adalah sebuah metode serangan cyber di mana sebuah server dijejali trafik besar-besaran. Tujuannya adalah agar target yang dituju mengalami kelebihan beban dan kemudian tumbang. Ketika hal ini terjadi, layanan yang dijalankan oleh server yang tumbang dipastikan terhenti.

Menurut Akamai, serangan DDoS saat ini berkembang sangat cepat. Sekali serangan, trafiknya bisa mencapai ratusan gigabyte. Sementara firewall yang biasa dipakai jaringan-jaringan perusahan, dikatakan Country Manager Akamai Indonesia Ali Hakim, hanya sanggup mengatasi serangan DDoS hingga trafik maksimal 10 GB.

“Coba kalau serangan DDoS trafiknya mencapai 11 GB saja, pasti sudah bobol. Apalagi sekarang DDoS bisa menyesaki trafik mulai dari 20 GB sampai ratusan gigabyte. Firewall paling hanya bisa menahan trafik 10 GB,” jelas Ali, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Akamai mengklaim mampu mencegah hal ini terjadi. Hal itu karena jaringannya yang ada di seluruh dunia telah dibekali fitur keamanan yang bisa mendeteksi trafik yang dianggap berlebihan, meski ketika serangan DDoS berganti-ganti alamat Internet Protocol (IP).

Akamai juga memastikan penggunanya tak akan terganggu ketika serangan DDoS terjadi. Pasalnya, layanan optimalisasi jaringan ini akan mencarikan akses ke jalur lainnya yang aman selagi Akamai melakukan ‘bersih-bersih’.

“Kami akan membuang trafik yang membebani itu (DDoS-red). Sementara itu terjadi, kami mengalihkan pengguna ke jalur lainnya yang aman, selagi membersihkan jalur yang terkena serangan DDoS,” imbuh Ali.

Akamai saat ini memiliki sekitar 200 ribu lebih server yang tersebar di seluruh dunia. Server-server tersebut terhubung dengan 1.400 jaringan miliknya, di lebih dari 110 negara. Sejauh ini telah ada 6.000 perusahaan yang diklaim Akamai menggunakan jasanya untuk mengoptimalkan jaringan yang digunakan.
(yud/rns)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply