Aksi 212 di Monas, Lonjakan Seluler Tertinggi di Satu Titik

Aksi 212 di Monas, Lonjakan Seluler Tertinggi di Satu TitikFoto: Pool
Jakarta – Aksi 212 di Monas, Jakarta, menjadi kasus tertinggi peningkatan koneksi seluler di satu titik. Telkomsel bahkan mengaku sampai harus menambah 18 BTS agar tidak drop di lokasi itu.

“Bagi Telkomsel, stress case yang paling tinggi itu aksi 212 kemarin bukan PON (Pekan Olahraga Nasional) dan kita berhasil melaluinya. Kita sampai harus menambah 18 BTS di sana, growth-nya sampai 100%,” ujar VP Network Operation Management Telkomsel Juanita Erawati saat ujicoba jaringan 4.5G di Grapari Banda, Kota Bandung.

Menurutnya, peningkatan yang paling tinggi terjadi pada layanan panggilan suara. Mungkin untuk lebih memudahkan komunikasi. “Voice yang paling tinggi, melebihi data,” katanya.

Keberhasilan menangani kerumunan massa banyak di satu titik seperti pada aksi 212, kata Juanita, membuat Telkomsel optimistis bisa menangani ajang lainnya, seperti Asian Games pada 2018 mendatang.

Aksi 212 di Monas, Koneksi Seluler Tertinggi di Satu TitikFoto: Dok. Telkomsel

“Seperti PON kemarin kita berhasil, dan kalau PON meski banyak, tapi kan massanya tersebar, tidak seperti 212 kemarin kumpul di satu titik. Asian Games juga nanti pasti bisa,” katanya.

Soal Asian Games, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati menyatakan Telkomsel siap masuk dengan jaringan 4.5G.

“Asian Games kan di dua kota ya, Jakarta dan Palembang. Untuk Jakarta kita sudah experience September lalu jaringan 4.5G. Ya, Palembang nanti selanjutnya. Saat Asian Games mudah-mudahan sudah on (komersialkan),” ujar Yetty.

Untuk saat ini, jaringan 4.5G baru ada di 11 grapari di delapan kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Mataram, Denpasar, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

“Saat ini baru di GraPARI saja, ini untuk pengalaman para pelanggan yang datang, agar mereka bisa merasakan hal berbeda dan baru dengan jaringan 4.5G. Ini juga untuk melihat market demand-nya 4.5G,” pungkasnya.
(ern/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar