Amazon Go, Toko Canggih Tanpa Kasir Tanpa Antre

Amazon Go, Toko Canggih Tanpa Kasir Tanpa AntreFoto: Amazon
Jakarta – Seperti apa wujud supermarket masa depan? Amazon mungkin sudah mewujudkannya dengan membuka toko bernama Amazon Go yang dibekali teknologi sangat canggih.

Metode pembelian di Amazon Go yang dibuka di Seattle ini memang sangat memudahkan konsumen. Pertama-tama, konsumen diminta memindai smartphone mereka sebelum memasuki toko.

Nah, konsumen bisa memilih barang apa saja di dalam Amazon Go. Jika dirasa cukup, mereka dapat langsung keluar tanpa harus membayar atau antre di kasir. Semua item yang diambil telah otomatis tercatat di akun Amazon Prime masing-masing begitu keluar dari toko.

“Dengan pengalaman Just Walk Out Shoppung ini, cukup gunakan aplikasi Amazon Go untuk memasuki toko, ambil produk yang Anda inginkan dan langsung pergi saja. Tidak ada antrean,” demikian kata Amazon.

Amazon Go, Toko Canggih Tanpa Kasir Tanpa AntreFoto: Amazon

Ya memang terlihat sangat canggih. Bahkan jika konsumen tidak jadi membeli sebuah item, item yang awalnya tercatat itu pun akan langsung dihapus. Lalu seperti apa teknologinya?

Amazon belum mengungkapkannya secara detail. Hanya disebut ada sensor, teknologi yang berjuluk computer vision, serta algoritma deep learning. Perpaduan teknologi tersebut membuat acara belanja jauh berbeda dari toko biasa, di mana konsumen harus membayar di kasir.

Untuk saat ini, baru karyawan Amazon yang dapat berbelanja di Amazon Go selama masa uji coba sebelum dibuka untuk publik pada tahun depan. Dan barang yang dijual masih sebatas makanan. Jika dirasa sukses, kabarnya akan ada sampai 2.000 cabang Amazon Go di masa mendatang.

[embedded content]
(fyk/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar