AMD Crimson ReLive: Dongkrak Performa Hingga Dukungan VR

AMD Crimson ReLive: Dongkrak Performa Hingga Dukungan VRFoto: AMD
Jakarta – Penggila kartu grafis AMD boleh tersenyum mendapat kabar yang satu ini. Pasalnya AMD telah menyiapkan driver terbaru yang diklaim bisa mendongkrak secara signifikan performa kartu grafis besutannya.

Raksasa chip asal Sunnyvalle, Amerika Serikat (AS) ini menamainya dengan sebutan Crimson ReLive. Adapun Crimson adalah nama driver kartu grafis AMD yang eksis saat ini. Tambahan embel-embal ReLive disebut menjanjikan performa lebih baik lagi karena AMD membenamkan sejumlah improvisasi yang makin memanjakan gamer.

Untuk membuktikan klaimnya, pengujian dilakukan terhadap Radeon RX 480 yang jadi kartu grafis andalannya saat ini. AMD membandingkan performanya dengan driver Crimson versi 16.6.2 yang paling update sekarang. Lima game dijadikan bahan pengujian, yakni Batman: Arkham Knight, Deus Ex: Mankind Divided, Shadow of Mordor, Overwatch, dan Ashes of the Singularity.

Hasilnya menjawab klaim AMD, kartu grafis Radeon RX 480 yang dipadukan dengan driver Crimson ReLive memberikan peningkatan rata-rata hingga 8%, dibanding pakai driver Crimson 16.6.2.

Peningkatan paling tinggi diperoleh di game Ashes of the Singularity, yang mencetak performa 108%. Disusul di posisi kedua adalah Batman: Arkham Knight dengan peningkatan di angka 106,9%.

AMD Crimson ReLive: Dongkrak Performa hingga Dukungan VRFoto: AMD
AMD Crimson ReLive: Dongkrak Performa hingga Dukungan VRFoto: AMD

Tapi kalau dihitung berdasarkan frame per second (fps), game Batman: Arkham Knight memuncaki posisi tertinggi. Game tersebut mampu dimainkan di angka 111,5 fps menggunakan driver Crimson ReLive, dari sebelumnya cuma mentok di 104,3 fps.

Posisi kedua adalah overwatch, gamer bakal dimanjakan dengan pencapaian 107,8 fps, dari yang tadinya 101,8 fps.

Kelebihan Crimson ReLive tak hanya di peningkatan performa. AMD juga membenamkan fitur yang tak kalah ciamik, yang disebutnya sebagai Radeon ReLive. Fitur ini memungkinkan gamer mengakses seting kartu grafis Radeon langsung dari dalam game. Radeon ReLive bisa dimunculkan dalam game sebagai toolbar yang diisi berbagai menu pilihan.

Adapun menu yang dimaksud adalah antara lain adalah instant replay, recording, screenshot, dan streaming. Secara default fitur Radeon ReLive dikondisikan off di driver Crimson ReLive. Namun gamer bisa dengan mudah mengaktifkannya d jendela setingan kartu grafis.

Meski sangat memanjakan gamer, penggunaan fitur Radeon ReLive disebut bisa berpengaruh pada performa kartu grafis, dibanding bila tidak menggunakannya.

Terlepas dari itu Crimson ReLive juga memastikan dukungan penuh terhadap virtual reality (VR) lewat fitur yang dinamai LiquidVR. Selain itu juga ada fitur Radeon Chill yang bisa menjaga kartu grafis dalam suhu optimal. Klaimnya Radon Chill bisa bikin kartu grafis punya suhu operasi yang 13% lebih dingin dari biasanya.

Gamer dengan kartu grafis lawas juga jangan berkecil hati, karena Crimson ReLive dipastikan mendukung backward compatibility hingga Radeon R7 260.
(yud/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar