Andromax Dioprek, Smartfren: Risiko Tanggung Sendiri!

Andromax Dioprek, Smartfren: Risiko Tanggung Sendiri!Sukaca Purwakardjono (alif/detikINET)
Jakarta – Sebagai perangkat smartphone yang berjalan di atas sistem operasi Android, Andromax tentunya bikin tangan para gadget antusias gatel untuk ngoprek. Sadar akan hal itu, sang pembesut, Smartfren akhirnya memilih untuk mengunci fitur USB debugging di beberapa seri terbaru Andromax.

Pengalaman ini detikINET temui ketika menjajal Andromax Q selama beberapa hari ketika mengikuti drive test jaringan 4G LTE-A Smaetfren di tiga kota: Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Ketika kami mencoba untuk membuka fitur USB debugging, perangkat meminta password.

Menurut Sukaca Purwakardjono, Head of Devices Smartfren, hal ini tak lain karena Smartfren ingin melindungi konsumen dari segala macam software eror. “Penguncian ini dilakukan agar pengguna bisa terhindar dari segala macam kerusakan,” terang Sukaca di sela-sela drive test Smartfren di Solo, Kamis (27/8/2015).

Selain itu, penguncian ini juga dilakukan agar bisnis penjualannya tetap stabil. “Just in case kalau Smartfren menurunkan harga Andromax tidak disalahgunakan untuk dipakai dalam menjalankan jaringan operator lain,” imbuhnya.

Kasus seperti ini, lanjut Sukaca, sebenarnya bukan menjadi masalah yang besar bagi Smartfren. Operator penyedia layanan komunikasi berbasis CDMA itu pun tak takut jika kasus unlock ini menjadi massal.

“Kasus seperti ini isunya saja yang besar. Tapi pada kenyataannya, hanya segelintir konsumen yang melakukan hal itu. Di bawah 1% lah,” papar Sukaca menanggapi isu unlock dengan santai.

Lalu apakah ada sanksi pidana bagi konsumen yang melanggar aturan tersebut? “Kalau secara legal saya tidak tahu. Yang jelas kalau sampai dia melakukan unlock, kalau terjadi apa-apa dia sendiri yang tanggung. Kami tidak mau menanggung,” ungkapnya.

Ia menuntaskan, tipikal konsumen saat ini tipikal konsumen yang takut garansinya hangus. Maka dari itu, soal unlock ini tidak terlalu membuat Smartfren risau.


(ash/ash)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply