Apa Beda OGS dan Gorilla Glass?

http://us.images.detik.com/content/2015/07/07/1569/smartphonegt.jpg(ilustrasi/gettyimages)
JakartaSekarang ini lagi tren produk smartphone flagship menggunakan OGS Glass. Sebenarnya apa sih OGS Glass itu? Jika dibandingkan Corning Gorilla Glass yang populer itu, lebih baik mana baik dari segi kekuatan/ketahanan/anti gores)? Makasih. (Ardi Alimuddin)Jawaban:

OGS dan Gorilla Glass sebenarnya adalah dua istilah yang berbeda arti. OGS singkatan dari One Glass Solution. Ini adalah teknologi layar yang cukup baru dan banyak digunakan oleh smartphone masa kini.

Dulu, teknologi layar sentuh memiliki 3 bagian part, pertama layar LCD, kemudian touch screen, dan lapisan paling atas kaca pelindung. Di antara LCD dan touch screen terdapat jarak berisi ‘bantalan’ udara.

Teknologi layar yang lama ini cukup tebal, dan bantalan udara membuat cahaya dari LCD banyak tersaring, sementara cahaya dari luar mudal terpantul. Teknologi yang lama ini membuat layar sulit dilihat dibawah cahaya matahari atau sinar yang terang.

OGS sendiri membuat kaca pelindung dan touchscreen menjadi satu kesatuan, dengan melapiskan Indium Tin Oxide dibawah kaca pelindung untuk membentuk pola elektroda yang peka terhadap sentuhan, dan langsung direkatkan di atas LCD, tanpa ada lagi bantalan udara diantara keduanya.

Dengan hilangnya lapisan touchscreen dan bantalan udara, layar menjadi jauh lebih tipis, dan dengan tidak adanya bantalan udara membuat cahaya dari LCD tidak lagi tersaring, dan pantulan cahaya dari luar sangat berkurang.

Sedangkan Gorilla Glass sendiri yang dibuat oleh perusahaan Corning, adalah cara pengolahan kaca pelindung — bagian paling luar dari layar sentuh — untuk mengubah kaca pelindung yang tipis yang mudah pecah tersebut, menjadi jauh lebih kuat melalui proses thermal dan kimiawi.

Gorilla glass 1-3 memfokuskan lapisan kaca pelindung untuk membuatnya lebih tahan gores, sementara yang terbaru, gorilla glass 4 , selain membuat layar tahan gores, juga lebih tahan bentur.
(jsn/ash)

http://us.images.detik.com/content/2014/02/07/1204/145305_luckysebastian_resize.jpgLucky Sebastian

Lucky Sebastian sejatinya seorang Arsitek, tetapi hobby akan gadget ternyata memanggilnya lebih jauh sejak berkenalan dengan PDA di tahun 1998. Membentuk komunitas penggemar gadget di tahun 2001 yang sekarang menjadi mailing list gadget terbesar di Indonesia yang dinamai gadtorade, [email protected]. Kicauannya tentang gadget dan teknologinya bisa didengar di Twitter @gadtorade.

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply