Aplikasi Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Indonesia | KOMPAS TEKNO

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Kompetisi Telkomsel NextDev.

JAKARTA, KOMPAS.com – Aplikasi ternyata punya peran penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dengan makin banyaknya perusahaan pembuat aplikasi, lowongan kerja baru bermunculan dan berbagai aspek kehidupan bisa dibuat lebih praktis.

Hal yang dimaksud dengan aplikasi di sini tentu tidak sebatas game saja. Ada banyak jenis lain, misalnya aplikasi pendukung smart city, aplikasi yang digunakan di perusahaan hingga aplikasi yang bisa menunjang produktivitas dalam ponsel Anda.

Indonesia sendiri masih punya banyak peluang untuk mengembangkan ekonomi berbasis aplikasi seperti ini, atau biasa dikenal sebagai app economy. Ada banyak developer potensial, infrastruktur memadai dan pasar internal untuk aplikasi tersebut pun berukuran ratusan juta jiwa.

Selain itu pembuatan aplikasi memang cenderung lebih sederhana jika dibandingkan dengan usaha mengembangkan industri hardware atau manufaktur. Aplikasi membutuhkan modal fisik yang cenderung kecil, koneksi internet yang cukup lancar, dan orang-orang yang menguasai bidang tersebut.

Soal developer potensial, misalnya dapat dilihat dari antusiasme masyarakat mengikuti ajang perlombaan The NextDev yang digelar sejak Juni lalu, dengan tema smart city. Satu ajang itu saja berhasil menjaring lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan.

Sementara itu, hasil riset Progressive Policy Institute yang dipresentasikan oleh Michael Mandel dalam diskusi Impact of Apps Economy for Job Creation and Creativity in Indonesia, September lalu menunjukkan besarnya potensi app economy.

Riset yang dimaksud berusaha mengukur nilai rata-rata jumlah lowongan kerja terkait pengembangan aplikasi Android dan iOS melalui mesin pencari kerja bernama Indeed.

Hasilnya menunjukkan bahwa Tanah Air berada di peringkat ketiga dalam potensi app economy, sedangkan peringkat pertama dan kedua diduduki oleh Vietnam dan Singapura. Total terhitung ada sekitar 22.000 lowongan pekerjaan terkait pengembangan aplikasi di Indonesia.

Dengan makin berkembangnya kebutuhan aplikasi, tentu lowongan pekerjaan di bidang ini semakin banyak. Dan ekosistem app economy, yang terdiri dari lowongan pekerjaan, eksistensi perusahaan, dan pemasukan yang terhubung ke produksi serta distribusi aplikasi mobile akan semakin berkembang.



About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar