Aplikasi LinkedIn Dicabut dari App Store Regional Rusia, Apa Sebabnya?




Jika minggu lalu ada berita mengenai aplikasi dan akses New York Times yang diblokir negara Tiongkok, kini berita baru kembali hadir. Kali ini dari negara Rusia, pemerintah di negara tersebut meminta Apple dan Google untuk mencabut aplikasi LinkedIn dari toko online penyedia aplikasi mereka yaitu App Store dan Google Play Store.

Nicole Leverich, juru bicara dari LinkedIn mengatakan bahwa pihaknya merasa kecewa dan para perusahaan di Rusia yang selama ini mengandalkan LinkedIn dapat mengalami kesulita akses.

“It denies access to our members in Russia and the companies that use LinkedIn to grow their businesses,”



Apa sebabnya pemerintah Rusia melakukan pelarangan akses website berisi sosial media berbasis bisnis untuk karyawan dan pencari kerja ini? Kabarnya ada peraturan baru dari pemerintah Rusia yang mengatur hal tersebut. Yaitu mewajibkan beragam layanan digital dengan fitur simpan data pengguna, untuk memiliki server atau tempat penyimpanan data di dalam negara Rusia. Tentunya peraturan ini dirasa memberatkan LinkedIn karena harus mengubah banyak infrastruktur dan pengeluaran tambahan untuk investasi di negara tersebut.

Masih dari sumber yang sama, kabarnya website LinkedIn sendiri sudah tidak dapat diakses di negara Rusia semenjak beberapa pekan yang lalu. Pencabutan aplikasinya di App Store tentunya menjadi tambahan berita buruk untuk layanan yang sudah tersedia semenjak tahun 2002 ini dan telah dibeli Microsoft senilai $26.2 M pada akhir tahun 2016.

Indonesia sendiri sempat melakukan blokir akses untuk beberapa layanan digital – namun tidak sampai kepada pencabutan aplikasinya di App Store atau Google Play Store. Sebut saja kasus Netflix beberapa waktu lalu atau Bigo Live yang baru terjadi di awal 2017 ini. Bagaimana pendapat kamu dengan sikap tegas dari pemerintah Rusia? Apakah hal serupa juga suata saat bisa terjadi di negara Indonesia? Bagikan pendapat kamu ya!

Download LinkedIn · Harga: Gratis






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar