Aplikasi Madsaz Asli Indonesia Ini Bisa Kenali Arti Tangisan Bayi dari Seluruh Dunia

Punya bayi pertama kali seringkali membuat stress karena bayi biasa menangis tanpa ketahuan sebabnya. Aplikasi Indonesia bisa membantu ibu-ibu muda untuk merawat bayinya.

Nextren.com – Medhanita Dewi Menanti (36), dosen IPB asal Kabupaten Banyuwangi menciptakan aplikasi Madsaz yang dapat menerjemahkan tangis bayi usia 0-3 bulan.

Aplikasi yang digarap bareng dengan tim Sekolah Vokasional IPB tersebut mampu menerjemahkan 5 jenis tangisan bayi yaitu :
– bayi lapar,
– bayi lelah atau mengantuk,
– bayi ingin bersendawa,
– bayi masuk angin atau perut kembung
– bayi yang tidak nyaman bisa karena popok basah, udara terlalu panas atau dingin.

Kepada Kompas.com, Rabu (17/10/2019), perempuan yang akrab dipanggil Medha ini menceritakan ide awal dari pembuatan aplikasi tersebut sudah sejak tahun 2010, saat Medha hamil anak pertamanya.

Baca Juga : Cara Membuat 10 Years Challenge yang Sedang Tren, Mudah Pakai Aplikasi Ini

Saat itu, Medha mengikuti seminar tentang tumbuh kembang anak dan salah satu pembicaranya menjelaskan tentang lima klasifikasi tangisan bayi yang ditemukan oleh ahli sound photograph dari Australia Priscilla Sunatan.

“Saat itu saya langsung berpikir berarti tangisan bayi bisa diklasifikasikan melalui komputer.”

“Kebetulan skripsi S1 saya tentang klasifikasi kesesuaian lahan sehingga saya berpikir jika sumber suara juga bisa diproses,” jelasnya.

Pada awal menempuh kuliah S2 di IPB jurusan Ilmu Komputer, ibu dari Shofia Dzakka Hanifa ini sudah merencanakan tesis tentang klasifikasi tangis bayi.

Baca Juga : OPPO R17 Pro Bisa Ukur jarak, Panjang, Sudut dan Luas Lewat Aplikasi AR Measurement


Video Pilihan

Penulis: None

Sumber : Nextren.com

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply