App Store Ungguli Pendapatan Daripada Google Play Store di 2015

App Store - Play Store

Perusahaan analitik App Annie baru saja merilis hasil laporan terbarunya mengenai pendapatan dan jumlah unduhan di toko aplikasi App Store milik Apple dan Play Store yang dipunyai Google sepanjang 2015 kemarin.

Dalam laporannya seperti dilansir 9to5Mac, App Annie menyebutkan bahwa pendapatan Apple dari App Store jauh lebih besar daripada Google melalui Play Store miliknya. Mereka dilaporkan berhasil mengantongi pendapatan sebanyak 75 persen tahun lalu.

App Annie - Annual Worldwide App Downloads and Revenue

Pendapatan Apple dari toko aplikasinya ini meningkat secara signifikasn dari tahun sebelumnya. Pada 2014 lalu, Apple tercatat memperoleh pendapatan sebanyak 70 persen.

Meski begitu, jumlah unduhan aplikasi dari App Store berada di bawah Play Store. Disebutkan, pendapatan Google itu dari toko aplikasinya itu dua kali lebih besar daripada App Store.

Dalam merilis laporannya, App Annie melakukan pemantauan terhadap lebih dari satu juta aplikasi dari berbagai pengembang termasuk 94 pengembang besar di kedua platform mobile tersebut.

Namun App Annie mengatakan bahwa mereka tidak bisa melakukan pemantauan terhadap jumlah unduhan aplikasi-aplikasi yang dibuat Apple. Dalam hal ini, jumlah unduhan aplikasi di App Store bisa jadi lebih besar ketimbang Play Store.


Baca juga:


Berdasarkan negara, Tiongkok menjadi negara penyumbang pendapatan App Store terbesar ketiga di dunia setelah AS dan Jepang. Namun dalam soal jumlah unduhan, negeri Tirai Bambu itu tetap rajanya.

Sebelumnya, mayoritas pendapatan App Store dikabarkan berasal dari penjualan games. Selama musim liburan dan natal dan tahun baru lalu, Apple meraup pendapatan dari penjualan dari game dengan nilai mencapai $1 milyar atau naik sebesar 18 persen dari bulan sebelumnya.


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar