Apple Berencana Tanamkan Modal $1 Milyar di Softbank Vision Fund

Apple

Setelah menanamkan modalnya di perusahaan transportasi berbasis aplikasi Didi Chuxing awal tahun ini, Apple dikabarkan bakal berinvestasi di perusahaan lain yang kali ini bergerak dalam bidang telekomunikasi dan internet.

Seperti dilaporkan Wall Street Journal, Apple dan salah satu operator besar Jepang, Softbank Group Corp., sudah melakukan pembicaraan untuk menanamkan modalnya dengan nilai AS$ 1 milyar atau Rp 13 triliun ke dalam SoftBank Vision Fund.

SoftBank Vision Fund menurut rencana bakal diluncurkan pada tahun depan. Adapun nilai investasinya disebutkan mencapai $100 milyar yang berasal dari berbagai perusahaan besar, termasuk Apple, dan negara lain. AS$25 milyar di antaranya berasal dari Softbank sendiri dan AS$45 milyar dari kerajaan Arab Saudi.

Dana investasi dengan nilai yang sangat fantastis tersebut dilaporkan bakal digunakan SoftBank Vision Fund untuk pengembangan teknologi yang berkembang saat ini, yaitu kecerdasan buatan dan perangkat yang terhubung ke internet.



Meski demikian, pembicaraan investasi tersebut belum mencapai tahap akhir dan statusnya yang saat ini belum bisa dipastikan. Namun jika berhasil disetujui, rencana investasi tersebut tentunya menandai strategi baru Apple dalam berinvestasi di banyak bidang.

Sebelumnya, Apple sudah menanamkan modal sebesar AS$1 milyar atau Rp 13 triliun di Didi Chuxing, perusahaan pesaing Uber di Tiongkok. Langkah investasi itu disebut-sebut sebagai persiapan awal Apple menjadi produsen mobil listrik di masa mendatang. Namun CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa langkah investasinya di perusahaan transportasi tersebut memahami pasar baru di Tiongkok.





About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar