Apple dan Beberapa Pengembang Tools Jailbreak Mengadakan Rapat Rahasia

Nama Luca Todesco, Nicholas Allegra (Comex) dan Patrick Wardle pastinya tidak asing jika kamu adalah seorang pengguna iOS yang banyak membaca berita mengenai Jailbreak. Kabarnya Apple beberapa waktu lalu mengundang mereka ke Cupertino untuk melakukan rapat tertutup. Ya, Apple mengadakan pertemuan dengan para pakar keamanan dan pembuat tools Jailbreak.

Apa sebenarnya yang terjadi? Menurut laman FORBES, Apple memenuhi janjinya untuk melakukan penjelasan lanjutan dari Bug Bounty Program yang sebelumnya dikenalkan pada acara Black Hat Security di Vegas beberapa bulan lalu. Tidak seperti program sejenisnya yang dilakukan perusahaan lain, Apple memilih untuk membuatnya semi tertutup dengan cara memilih beberapa nama saja.



Bug Bounty Program adalah cara Apple untuk memberikan hadiah pada para pakar sekuritas, setiap menemukan sebuah celah keamanan berbahaya di iOS dan macOS. Tentunya ada bayaran yang akan mereka dapatkan jika berhasil membuktikan celah keamanan tersebut memang berbahaya dan harus segera ditutup oleh Apple. Nominalnya juga sangat besar, yaitu di angka $200 ribu atau 2,5 Miliar Rupiah mulai Oktober 2016.

Masih dari sumber yang sama, kabarnya beberapa nama lain juga hadir di acara rapat tertutup ini. Yaitu Francisco Alonso, Stefan Esser, Braden Thomas, Pedro Vilaca dan Jonathan Zdziarski. Mantan teknisi di Apple yaitu Alex Ionescu, Steven De Franco (biasa dipanggil ih8sn0w) dan Hao Xu yang mewakili tim Pangu Jailbreak juga diduga kuat masuk dalam daftar nama undangan.

Lantas bagaimana nasib Jailbreak di iOS 10, jika nama di atas sudah dipanggil oleh Apple dan menjadi tim dari Bug Bounty Program? Kita tunggu saja ya, apakah masih ada Jailbreak di iOS 10 atau tidak dalam waktu dekat.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar