Apple Dinilai Paling Aman

https://i1.wp.com/us.images.detik.com/content/2015/06/21/323/053743_153249_iphone61.jpg?w=1000iPhone 6 (detikINET)
Jakarta – Perusahaan teknologi kini tak hanya dinilai dari kualitas layanan dan gadget mereka, tetapi juga bagaimana mereka menangani permintaan pemerintah untuk data konsumen.

Dalam laporan tahunan Electronic Frontier Foundation (EFF), perusahaan seperti Apple, Yahoo, dan Adobe berada di urutan atas. Sementara WhatsApp dan operator AT&T di urutan bawah.

Apple, Adobe, Yahoo, Dropbox dan Sonic.net dinilai mendapat skor tinggi soal keamanan. AT&T dan WhatsApp, hanya dapat satu bintang dari lima bintang dalam penilaian ini.

EFF yang fokus pada hak digital, mengevaluasi perusahaan berdasarkan beragam faktor termasuk transparansi mereka mengenai kepada konsumen mengenai permintaan dan penyimpanan data, juga bagaimana mereka menanggapi permintaan pemerintah atas akses data konsumen.

Seperti detikINET kutip Times of India, Minggu (21/6/2015), marak terkuaknya kasus pengintaian oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) yang dibocorkan dalam dokumen Edward Snowden membuat perusahaan teknologi lebih proaktif dalam urusan membagi data.

Sebagian besar perusahaan teknologi mempublikasikan laporan transparansi mengenai angka permintaan yang mereka terima dari pemerintah. Mereka juga mendeskripsikan jenis data apa saja yang mereka kumpulkan dan bagi.

Sejumlah perusahaan teknologi besar termasuk Facebook, Google, Apple dan Microsoft mendesak Presiden AS Barack Obama menolak kebijakan yang bertujuan melemahkan teknologi enkripsi yang melindungi komunikasi via internet.


(rns/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar