Apple Kembali Sabet Gelar Merek Paling Bernilai di Bumi 2016 dari Interbrand

Apple-Interbrand

Mungkin 2016 bukan tahun yang gemilang bagi Apple yang mana penjualan iPhone untuk kali pertama mengalami penurunan. Namun hal itu tak lantas menjatuhkan gelarnya sebagai merek paling bernilai sejagad bumi.

Dalam peringkat tahunan merek terbaik 2016 versi Interbrand, Apple sebaliknya berhasil mempertahankan gelarnya untuk empat kalinya berturut-turut sebagai merek paling bernilai di bumi dengan valuasi mencapai $178,1 milyar jauh di atas merek terkenal lainnya.

Valuasi merek Apple tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 5 persen dibandingkan dengan tahun kemarin di tengah menurunnya penjualan iPhone dan pendapatannya di tahun 2016 ini.

Meski valuasinya naik, Apple tidak masuk ke dalam jajaran merek yang mengalami petumbuhan besar. Penyebabnya tidak lain dikarenakan anjloknya penjualan produknya tahun ini.

Merek-merek lainnya yang memiliki valuasi terbesar setelah Apple ada Google dengan kenaikan valuasi sebesar 11 persen menjadi $133,2 milyar; Coca-Cola yang valuasinya turun 7 persen ke angka $73 milyar, serta Microsoft $72 milyar.

Sedangkan Samsung yang menjadi pesaing besar Apple berada di peringkat kedelapan. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memiliki valuasi sebesar $51,8 milyar.



Interbrand mengatakan bahwa ekosistem yang dimiliki Apple menjadi pendongkrak utama valuasi mereknya mengalami kenaikan dan tidak bisa dilampaui para pesaingnya.

Apple shows how ecosystems drive value. Analysts have often pointed out that “Apple has superior products.” While true, this opinion undersells the brilliance of Apple’s functionally integrated model. Its software, hardware, and touchpoints are connected not just by beautiful design aesthetics, but by a level of interoperability that justifies the Apple premium and discourages defections to another platform.

And the more data you share, the more personal it becomes—adding new devices is painless and the thought of switching increasingly unpromising. Apple is the Alpha of Cohesiveness in full effect.

Selain dari Interbrand, Apple juga selalu mendapatkan gelar perusahaan paling bernilai dari Forbes dan gelar perusahaan paling dikagumi 2016 versi Fortune.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar