Apple Music Tembus 20 Juta Pelanggan Dalam 18 Bulan

Layanan berlangganan untuk streaming dan unduh musik dari Apple Music, sudah menembus angka 20 juta pengguna dalam waktu 18 bulan atau 1,5 tahun semenjak rilis. Informasi ini dibagikan oleh laman Music Business Worldwide dengan perbandingan terhadap Spotify.

Spotify sendiri sudah mengumumkan pencapaian mereka di bulan September lalu dengan angka 40 juta pengguna Spotify Premium dan total 100 juta pengguna aktif. Ya, ini karena Spotify dapat digunakan secara gratis dengan beberapa fitur yang lebih terbatas. Berbeda dengan Apple Music yang harus menggunakan metode berlangganan sejak awal – dengan iming-iming gratis untuk 3 bulan pertama.

Meskipun hanya mengantongi separuh jumlah pengguna Spotify yang berlangganan, Apple Music bisa dibilang tetap lebih kuat dan memiliki pertumbuhan lebih cepat. Ini karena angka 20 juta pelanggan bisa didapatkan oleh Apple Music dalam 18 bulan saja. Berbeda dengan Spotify yang hadir semenjak tahun 2008 dan baru bisa mencapai angka 20 juta pengguna berlangganan di tahun 2015.



Mundur ke catatan beberapa bulan sebelumnya, perang sengit antara Spotify dan Apple Music memang sempat terjadi secara cukup sengit. Hal ini diduga terjadi karena Spotify yang melanggar aturan penggunaan fitur berlangganan di Spotify for iOS dengan cara menghapus koneksi ke in-app purchases dan mengalihkannya ke fitur berlanggana via web. Hal ini dilakukan agar mereka tidak perlu melewati proses bagi hasil 70:30 untuk Apple di sistem in-app purchases.

Apakah kamu termasuk pengguna Spotify atau Apple Music? Bagikan di kolom komentar ya!






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar