Apple Pangkas Uang Kompensasi Tim Cook Rp 20 Miliar di 2016

Tim Cook

2016 yang lalu menjadi tahun yang kurang menggembirakan bagi CEO Apple Tim Cook. Betapa tidak, Apple dikabarkan sudah memangkas uang kompensasinya dengan nilai yang cukup besar.

Uang kompensasi pria yang menjabat bos Apple selama lebih dari 5 tahun tersebut mengalami pemotongan sebesar $1,5 juta (sekitar Rp 20 miliar) atau turun dari $10,3 juta di 2015 menjadi $8,7 juta.

Alasan pemotongan uang kompensasi Cook sebagaimana dilansir Wall Street Journal (via 9to5Mac) disebabkan target penjualan dan pendapatan operasional Apple tahun ini mengalami penurunan.

Apple said its annual sales of $215.6 billion were 3.7% below its target of $223.6 billion, and its operating income of $60 billion was 0.5% short of the $60.3 billion target. As a result, company executives got 89.5% of their targeted annual cash incentive.



Dibandingkan yang lain, Cook menjadi satu-satunya petinggi Apple yang mendapatkan pemotongan uang kompensi paling besar. Pemotongannya tercatat sebesar 15 persen. Sedang petinggi Apple yang lainnya mendapatkan pemotongan sebesar 9.6%

Pemotongan dana kompensasi Cook menyusul Apple berencana mengadakan rapat dengan para pemegang saham pada akhir bulan Februari mendatang di kampus Infinite Loop.

Meski dana kompensasinya tahun lalu dipotong, Cook pernah mendapatkan bonus saham dengan nilai mencapai $100 juta di lima tahun masa jabatannya pada tahun lalu. Tidak lama, dia mencairkan sahamnya dengan nilai $65 juta.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar