Apple Patenkan Apple Watch Bisa Identifikasi Pengguna lewat Detak Jantung

Judul

Apple menemukan cara baru yang memungkinkan perangkat Apple Watch generasi masa depan mengenali pemilik aslinya tanpa harus menggunakan nomor PIN atau iPhone sebagai verfikasi untuk membuka kuncinya.

Perangkat jam tangan pintar masa depan dari Apple kabarnya bisa mengenali pemiliknya melalui sensor-sensor pendeteksi detak jantung. Hal tersebut tercantum dalam hak paten teknologi yang dirilis Kantor Urusan Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Paten baru Apple tersebut sebagaimana dilansir Apple Insider menerangkan soal sensor-sensor biometrik yang dapat mengidentifikasi sifat pembuluh darah pengguna untuk dicocokan dengan identitasnya.

Light emitters and light sensors can be used to perform biometric identification of a user based on identifying characteristics of the user’s vasculature. For example, light information can be obtained at one or more light sensors, and the information can be compared to stored information associated with a user identity. Based on the comparison, the user of the device can be identified as having the user identity.



Dalam salah satu contoh disebutkan, sensor dalam Apple Watch dapat memantau kadar oksigen dalam darah. Menariknya, Apple Watch generasi pertama dilengkapi dengan hardware yang memadai untuk itu.

Kendati begitu, Apple tampaknya memang belum siap untuk mengaktifkan sensor yang bisa memantau kadar O2 dalam darah dalam Apple Watch tersebut karena patennya masih dalam tahap pengajuan.

Belum lagi Apple perlu mendapatkan persetujuan dari badan pengawas makanan dan obat AS (FDA) buat Apple Watch sebagai alat kesehatan. Diharapkan, Apple bisa segera mengantongi paten ini dalam waktu dekat ini.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar