Apple Raih Peringkat 2 Merek Paling Bernilai di Dunia

Apple

Apple tahun ini tidak berhasil mempertahankan tahtanya sebagai merek dengan valuasi terbesar di muka bumi selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2012. Pencipta iPhone itu kini harus rela menyerahkan tahta tersebut kepada Google.

Dilansir dalam daftar Brand Finance Global 500 yang dirilis World Trademark Review, Apple turun peringkat ke posisi kedua di bawah Google dengan valuasi merek $107 miliar. Meskipun Apple mencatat rekor pendapatan di kuartal pertama 2017, valuasi merek mereka tercatat turun sebanyak 27 persen.

WTR menyebut turunnya valuasi merek Apple tahun ini disebabkan mereka melakukan ekploitasi terhadap konsumennya, di saat para pesaingnya berupaya mengejar ketertinggalan di sektor teknologi.



Sementara Google di daftar yang sama berhasil membukukan kenaikan valuasi merek sebesar 24 persen. Perusahaan pesaing yang menjadi rival Apple ini duduk di peringkat pertama dengan valuasi merek mencapai $109 miliar.

Perusahaan-perushaaan di lima besar sisanya terdapat Amazon, AT&T, dan Microsoft. Ketiga perusahaan tersebut mencatat kenaikan valuasi masing-masing $106 miliar, $87 miliar, dan $76 miliar.

Dalam daftar merek perusahaan paling bernilai itu, Samsung juga masuk 10 besar. Perusahaan elektronik raksasa Korea Selatan tersebut berada di posisi keenam dengan kenaikan valuasi merek sebesar 13 persen menjadi $66 miliar. Berikut daftar 20 merek perusahaan paling bernilai di dunia selengkapnya:

Apple-WTR





About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar