Apple Resmi Umumkan Laporan Keuangan Selama Kuartal Satu 2016

Apple Campus

Apple akhirnya mengumumkan secara resmi hasil laporan keuangan dan pendapatan selama kuartal pertama di tahun fiskal 2016 dari penjualan total produk-produknya, termasuk iPhone 6s, iPad Pro, dan Apple TV 4.

Dari siaran pers seperti dilansir dalam lamannya, Apple meraih pendapatan sebesar $75,9 milyar dengan keuntungan bersih mencapai $18,4 milyar atau dengan nilai saham sebesar $3,28 per lembar.

Raihan Apple selama kuartal pertama 2016 naik dari periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal pertama 2015, Apple mencatat pendapatan sebanyak $74,5 milyar dengan keuntungan mencapai $18 milyar atau nilai saham sebesar $3,06 per lembar.

Tidak hanya itu, gross margin juga meningkat di kuartal ini menjadi 40,1 persen dari sebelumnya 39,9 persen pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan nilai penjualan global tercatat sebanyak 66 persen.

Selama kuartal satu 2016, Apple menjual sebanyak 74,8 juta unit iPhone, naik dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 74,5 juta unit. Penjualan iPad tercatat sebanyak 16,1 juta unit. Hasil ini turun dari sebelumnnya yang mencapai 21,4 juta unit di kuartal pertama 2015.

Sementara penjualan komputer Mac juga turun menjadi 5,3 juta unit selama kuartal pertama 2016. Tahun lalu, mereka berhasil menjual sebanyak 5,5 juta unit komputer Mac.

CEO Apple, Tim Cook, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim di perusahannya karena telah membuat produk-produk paling inovatif di dunia. Selain itu, ia juga mengungkapkan jumlah perangkat aktifnya sudah mencapai 1 milyar unit.

“Our team delivered Apple’s biggest quarter ever, thanks to the world’s most innovative products and all-time record sales of iPhone, Apple Watch and Apple TV,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “The growth of our Services business accelerated during the quarter to produce record results, and our installed base recently crossed a major milestone of one billion active devices.”

Dan berikut proyeksi keuangan Apple untuk kuartal selanjutnya:

  • Pendapatan antara $50 miliar – $53 miliar
  • Gross margin sebesar 39 persen – 39,5 persen
  • Biaya operasional antara $6 miliar – $6,1 miliar
  • Pendapatan/pengeluaran sebesar $325 juta
  • Tingkat pajak sebesar 25,5 persen

Baca Juga: Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Selama Kuartal Pertama 2015


Apple seperti yang diharapkan berhasil meraih pendapatan lebih besar di kuartal pertama 2016 dibandingkan dengan raihan mereka pada kuartal yang sama tahun kemarin.

iPhone lagi-lagi menjadi penyumbang terbesar pendapatan dan keuntungan bagi Apple menyusul penjualan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus di banyak negara dan juga pemangkasan harga buat iPhone generasi sebelumnya.


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar