Apple Sempat Pertimbangkan Interface iPod untuk iPhone

Jakarta – Tampilan muka yang sederhana membuat iPod sukses besar kala dirilis. Tak heran Apple sempat mempertimbangkan interface tersebut untuk ponsel perdananya.

Hal itu terungkap dari bocoran video yang menampilan sebuah prototipe iPhone pertama. Ponsel tersebut menjalankan sistem operasi bernama AcornOS dengan interface yang menyerupai iPod.

Bedanya, tidak ada click wheel fisik seperti kita temui di iPod. Sebagai gantinya dibuat click wheel virtual dengan kemampuan yang sama, yakni membuat gerakan melingkar untuk navigasi naik dan turun.

Apple Sempat Pertimbangkan Interface iPod untuk iPhoneFoto: internet

Di atasnya terdapat bar yang menampilkan tombol seperti di iPod, yakni Menu, Play/Pause dan Forward/Rewind. Ketika memilih Menu, akan muncul pilihan berupa musik, foto, dial, SMS dan kontak.

Meski terlihat mudah, rasanya interface tersebut tidak cocok untuk iPhone. Untungnya Apple tidak jadi mempergunakannya. Mungkin kala itu Steve Jobs juga tidak setuju hingga akhirnya memilih iOS untuk digunakan di ponsel pertama Apple.

iOS sendiri memang terasa jauh lebih sederhana dan mudah digunakan. Dan benar saja ketika diperkenalkan iPhone mampu mengubah peta bisnis ponsel dunia. Tapi bila penasaran seperti apa tampilan Acorn OS, berikut video lengkapnya:

[embedded content] (afr/afr)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar