Apple Siap Pindah Kantor dari Jerman ke Irlandia Awal Februari

Apple Irlandia

Apple dikabarkan berencana memindahkan kantor miliknya yang mengoperasikan bisnis iTunes internasional yang sebelumnya berada di Luxembourg, Jerman, ke Cork, Irlandia, mulai awal bulan depan.

Sebagaimana dilaporkan Cult of Mac, Apple dalam pengumuman resminya kepada pengembang bakal mulai memindahkan kantor bisnis iTunes internasionalnya tersebut pada tanggal 5 Februari 2017 mendatang. Kantor tersebut bakal mengelola layanan iTunes, iBooks, Apple Music, App Store, dan Mac App Store di 100 negara.

Jauh-jauh hari tepatnya pada bulan September tahun lalu, Apple sudah mulai mengoper semua akun para pengembang di Eropa ke Irlandia. Di Luxembourg, mereka tercatat memiliki aset dengan nilai mencapai $9 miliar.

Pemindahan bisnis iTunes internasionalnya ke Irlandia itu sendiri hadir bukan tanpa alasan. Negara bersebelahan dengan Inggris itu adalah lokasi di mana markas besar Apple di Eropa berada. Di negara sama, mereka berencana membangun pusat data yang baru.

Tidak hanya itu, Apple juga berencana merekrut sekitar 1.000 pegawai tambahan baru untuk ditempatkan di markas besarnya di Cork. Rencananya, perekrutan bakal rampung hingga pertengahan tahun ini.



Tampaknya, kasus pengemplangan pajak miliaran Euro yang dituduhkan Komisi Eropa kepada Apple tidak mempengaruhi mereka untuk memindahkan kantor bisnis iTunes internasional miliknya ke Irlandia. Seperti diberitakan, Komisi Eropa menuduh Apple mendapatkan bantuan pajak ilegal dari pemerintah Irlandia sebesar 13 miliar Euro antara tahun 2003–2014 lalu.

Apple pun melawan. Mereka sudah mengajukan banding atas kasus pajak yang dituduhkan Komisi Eropa tersebut. Menyusul Apple, pemerintah Irlandia juga sudah mengambil langkah banding yang sama.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar