Apple Tepis Tudingan Baterai MacBook Pro Bermasalah

Apple Tepis Tudingan Baterai MacBook Pro BermasalahFoto: Apple
Jakarta – Apple tak tinggal diam dengan tudingan baterai bermasalah oleh Consumer Report terhadap baterai MacBook Pro anyar. Perusahaan Cupertino ini langsung menepis tudingan tersebut.

Adalah Phil Schiller, SVP Marketing Apple yang langsung menanggapi tudingan tersebut melalui akun Twitter-nya. Dalam kicauannya itu Schiller menyebut hasil pengujian Consumer Report tak sesuai dengan pengujian secara mendalam yang dilakukan di laboratorium Apple.

Kemudian Schiller juga menyebut Apple akan bekerja sama dengan Consumer Report untuk mengetahui kenapa hasil pengujian baterai MacBook Pro yang dilakukan bisa seperti itu, demikian dikutip detikINET dari Tech Crunch, Minggu (25/12/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, masalah baterai ini membuat Consumer Report tak memasukkan MacBook Pro ke dalam daftar rekomendasi laptop, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah Consumer Report.

“Laptop ini sukses melewati pengujian layar dan performa, namun dalam daya tahan baterai kami menemukan model-model ini mendapat hasil yang terlalu bervariasi dari pengujian satu dan lainnya,” tulis Consumer Report dalam postingan blognya.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, Consumer Report menguji tiga model MacBook Pro berbeda yang mereka beli dari toko ritel. Hasilnya, seperti sudah disebutkan, daya tahan baterai setiap laptop tidak konsisten alias berbeda-beda, bahkan dalam laptop yang sama.

Sebagai contoh, MacBook Pro dengan Touch Bar dalam pengujian pertama mampu bertahan selama 16 jam, lalu berubah menjadi 12,75 jam dan terakhir menjadi 3,75 jam. Inkonsistensi ini juga terjadi pada model MacBook Pro yang lain.

“Apple menyebut komputer-komputer ini bisa beroperasi lebih dari 10 jam, namun sejumlah konsumen di forum support Apple melaporkan mereka cuma bisa menggunakan laptopnya selama 3-4 jam sebelum baterainya habis,” tulis Consumer Report.

Dalam pembaruan software terakhirnya, Apple menghilangkan penanda sisa baterai yang biasanya muncul di bagian kanan atas layar. Hal ini dilakukan Apple setelah muncul banyak keluhan soal daya tahan baterai yang tak konsisten.
(asj/mag)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar