Apple Ternyata Dapat Kursi Dewan Direksi di Didi Chuxing

Apple Store

Kejelasan mengenai status Apple dalam perusahaan transportasi berbasis aplikasi pesaing Uber, Didi Chuxing, asal Tiongkok, akhirnya terkuak menyusul investasi besar-besarannya di perusahaan tersebut bulan Mei lalu.

Berdasarkan kabar yang dirangkum dari The Information (via 9to5Mac), Apple ternyata mendapatkan kursi dewan direksi di Didi Chuxing tidak lama usai menyuntikan dana satu milyar dolar ke dalam perusahaan yang dipimpin Jean Lui itu.

Apple got a seat on the board of Didi Chuxing a few weeks after investing $1 billion in the company, which is known as the ‘Uber of China,’ according to a person briefed on the move. At the time, news reports about the investment quoted Didi as saying Apple hadn’t received such a seat.

Sebelumnya Apple dikabarkan tidak mendapatkan kursi dewan direksi apapun di Didi Chuxing. Namun laporan terbaru menyebutkan mereka mendapatkannya tidak lama setelah menggelontorkan investasi di perusahaan layanan antar penumpang tersebut.

Masuknya Apple dalam bisnis layanan transportasi berbasis aplikasi di Tiongkok semakin menguatkan posisi Didi Chuxing sebagai layanan paling besar. Sehingga hal ini memaksa Uber untuk menjual operasinya di Tiongkok kepada perusahaan yang menguasai pangsa pasar sebesar 87 persen tersebut.



Adapun alasan Apple untuk terjun ke bisnis transportasi itu disebut-sebut sebagai persiapan Apple untuk terjun ke industri otomotif dengan rencananya meluncurkan mobil listrik di masa depan.

Namun CEO Apple Tim Cook menyebutkan investasi tersebut adalah kesempatan untuk memahami segmen pasar lain di Tiongkok. Lebih dari itu, investasinya memungkinkan Apple untuk memiliki akses langsung dengan para petinggi dalam industri otomotif untuk memuluskan rencana pengembangan mobil listriknya.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar