Apple Ubah Aturan Seputar Aplikasi Blokir Iklan di App Store

Apple kabarnya merubah peraturan di App Store seputar mendaftarkan aplikasi blokir iklan. Hal ini diceritakan oleh beberapa pengembang aplikasi Ads Blocker yang merilis update aplikasinya dan diolak oleh Apple. Yaitu aplikasi AdBlock dan Weblock yang kabarnya dianggap menyalahi aturan terbaru.

Kedua aplkasi tersebut menggunakan sistem blokir iklan dengan metode VPN Profile. Tidak ada yang aneh dalam hal penggunaan VPN, namun kabarnya kedua aplikasi tadi menggunakan sistem pengaturan VPN yang dapat menyebabkan iklan di aplikasi pihak ketiga lainnya ikut terblokir. Lebih lengkapnya lagi, Apple menjelaskan bahwa pelanggaran yang dilakukan ada di point 4.2.1 pada bagian App Store Review Guideline seputar penggunaan API dan Framework untuk sebuah aplikasi.

Dengan penjelasan tersebut, maka fitur blokir iklan di layanan sejenis harus berubah haluan. Dari aplikasi berbasis VPN untuk menghalang semua iklan pada aplikasi pihak ketiga, berubah menjadi aplikasi berbasis Safari Content Blocker yang hanya dapat bekerja di peramban Safari for iOS saja. Jika keputusan ini yang diambil oleh AdsBlock atau WebBlocks, pastinya ratusan ribu pengguna aplikasi mereka akan kecewa besar. Namun pada saat berita ini tim MakeMac bagikan, pengembang aplikasi tersebut belum memutuskan mengenai langkah apa yang akan diambil.



Sebagai catatan tambahan, Apple kabarnya sudah memberikan penjelasan mengenai berita tersebut. Menurut Apple, tidak ada perubahan aturan baru. Semuanya masih tetap sama dengan catatan App Store Guideline. Apple memang tidak pernah mengijinkan aplikasi di App Store untuk bekerja dengan cara “mengganggu” performa aplikasi lain. Apple juga memberikan dukungan untuk metode iklan dan hal sejenisnya di aplikasi yang dibuat oleh pengembang di App Store sebagai salah satu strategi memperoleh sumber pendapatan.

“This is not a new guideline. We have never allowed apps on the App Store that are designed to interfere with the performance or capabilities of other apps.”

“We have always supported advertising as one of the many ways that developers can make money with apps.”

Mundur ke catatan sebelumnya, Apple sendiri saat ini sudah menggunakan teknologi iklan di dalam aplikasi buatannya di iOS. Sebut saja Search Ads di App Store atau Apple News yang sebentar lagi mendukung mode iklan dari Google. Apakah keputusan ini diambil Apple untuk mencegah iklan di Apple News tidak tampil atau mungkin hal lainnya? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply