AS Ingin Kerjasama Lebih Erat di Bidang Teknologi

Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat memastikan ingin menjalin kerjasama yang lebih erat lagi di bidang teknologi dengan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. usai bertemu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Ia mengatakan ini menjadi pertemuan pertamanya dengan Menkominfo, karena dirinya baru bertugas menjadi Duta Besar AS. Adapun yang menjadi pembahasan meliputi perdagangan dan investasi, terutama di bidang teknologi.

“Saya sangat tertarik dengan kerja sama Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat. Terlebih ketika Indonesia memberlakukan kebijakan baru di bidang inovasi dan teknologi,” ujar Donovan ketika ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin petang (30/1/2017).

Terkait soal investasi Apple di Indonesia, Donovan menyambut baik. Menurutnya inj menjadi solusi yang bagus agar Apple dapat menjual kembali ponselnya di Indonesia.

“Ini situasi yang enak bagi kedua belah pihak. Saya sangat antusias dengan pengembangan riset Apple di sini,” pungkasnya.

Untuk diketahui Donovan dilantik sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia pada 4 November 2016 menggantikan Robert Blake. Ia menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada bulan Januari 2017.

Sebelum diangkat menjadi Dubes, Donovan menduduki posisi Direktur utama bagian Washington untuk American Institute in Taiwan. Ia pun pernah bekerja sebagai Penasihat Kebijakan Luar Negeri untuk Pemimpin Kepala Staf Gabungan di Pentagon (2012-2014).

Ia juga pernah menjadi Guru Besar Madya (Associate Profesor) di National Defense University di Washington DC (2011-2012), Kepala Deputi Asisten Menteri Luar Negeri untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik, Departemen Luar Negeri AS (2009-2011).

(afr/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar