Asteroid Lebih Besar dari Pemusnah Dinosaurus Jatuhi Bumi

Kamis, 19 Mei 2016 | 15:29 WIB


Asteroid Lebih Besar dari Pemusnah Dinosaurus Jatuhi Bumi  

Para ahli menyebutkan bahwa Asteroid yang jatuh ke Bumi menjadi salah satu penyebab berakhirnya kehidupan di dunia. Bila jatuh ke daratan, maka benturan Asteroid akan menghasilkan energi yang lebih besar dari 10 juta bom Hiroshima, meratakan segala sesuatu dalam radius 300 km. Debu dan puing-puing akan menyebabkan ‘dampak musim dingin’ dan sebagian besar makhluk hidup akan musnah. Kalau asteroid jatuh ke laut, maka akan terjadi tsunami yang melenyapkan seluruh garis pantai dan melontarkan air laut ke atmosfer yang menghancurkan sebagian besar lapisan ozon sehingga terjadi radiasi Ultra Violet yang mematikan. tooopen.com

TEMPO.COJakarta – Ilmuwan Australia menemukan kemungkinan bukti asteroid besar menghantam Bumi sekitar 3,46 miliar tahun lalu. 

Jika dugaan itu benar, asteroid itu menjadi benda langit kedua tertua yang pernah jatuh di planet ini dan lebih besar daripada asteroid penyebab kemusnahan dinosaurus.

Andrew Glikson dari Lembaga Planet Universitas Nasional Australia mengatakan lokasi pasti jatuhnya benda langit itu tidak diketahui.

“Benturannya mungkin memicu gempa bumi besar, tsunami besar, dan akan meruntuhkan tebing,” katanya dalam pernyataan. “Material dari benturan itu menyebar ke seluruh dunia.”

Saat berbicara kepada AFP pada Rabu, Glikson mengatakan, dia dan Arthur Hickman dari Survei Geologi Australia Barat menemukan manik-manik kaca kecil yang disebut spherule, yang terbentuk dari material yang menguap dari dampak asteroid, di bagian barat laut Australia yang terpencil.

Manik-manik tersebut ditemukan dalam lapisan sedimen yang awalnya di dasar laut dan telah terawetkan di antara dua lapisan vulkanik. Benda itu sudah ada sejak 3,46 miliar tahun lalu.

“Benda itu adalah yang tertua kedua yang pernah diketahui,” ungkap Glikson mengenai asteroid tersebut, yang diperkirakan telah menciptakan ratusan kawah seluas beberapa kilometer.

Dampak jatuhnya benda itu lebih dahsyat daripada asteroid raksasa yang diperkirakan jatuh ke Bumi sekitar 66 juta tahun lalu dan sebagian besar dianggap sebagai penyebab musnahnya dinosaurus. Asteroid tersebut diperkirakan selebar 15 kilometer.

ANTARA

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar