Awas, Drone Dipakai Pencuri untuk Mengintai

http://us.images.detik.com/content/2015/05/20/398/134801_unnamed57.jpgDrone (ist)
London – Drone yang belakangan ini mulai populer di kalangan pengguna gadget ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk melakukan tindak kriminal. Adalah kepolisian Inggris yang menyadari jika drone berpotensi digunakan para pencuri untuk memantau situasi dan kondisi lingkungan rumah yang menjadi target.

Menurut kantor polisi Suffolk Constabulary, sedikitnya ada 16 kejadian yang melibatkan penggunaan pesawat tanpa awak atau dikenal dengan istilah drone tersebut. Peristiwa tersebut terjadi antara bulan Januari 2014 hingga Maret 2015 kemarin.

Polisi melakukan investigasi terhadap warga sipil yang melihat drone sedang terbang. Dalam sebuah kasus, drone tersebut terbang di sekitar pemukiman pada bulan September 2014 yang diduga sedang digunakan untuk mengintai target pencurian, dikutip detikINET dari International Business Times, Rabu (20/5/2015).

Dari analisis detektif, para pencuri itu menerbangkan drone di sekitar pemukiman. Dengan drone, pelaku dapat mengambil gambar bahkan video tentang situasi dan kondisi rumah yang diincar dan bagaimana cara masuk.

Karena kemampuannya untuk bisa mendekat atau memberi gambaran detail terhadap target incarannya, menggunakan drone bisa dikatakan lebih ampuh ketimbang memakai layanan Google Street View dan Google Earth yang juga kadang digunakan untuk kejahatan serupa.

“Jika masyarakat melihat adanya drone terbang yang mencurigakan di sekitar kawasan mereka, laporkan hal itu kepada pihak berwajib dengan menghubungi nomor darurat 101,” ujar Paul Ford, Secretary of the Police Federation National Detectives Forum.

Paul juga menambahkan jika bunyi berisik yang ditimbulkan oleh drone ketika terbang seharusnya menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat untuk menyadari kehadiran perangkat itu.


(fyk/fyk)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply