Baccus: Backup Data dengan Pengaturan Lengkap di Mac

Jika selama ini kamu hanya kenal Time Machine untuk membuat backup data dan sistem di komputer Mac, kini ada aplikasi baru dengan nama Baccus. Fiturnya sederhana saja, membuat cadangan data di komputer Mac ke hard disk eksternal atau NAS. Beragam pengaturan yang diberikan dan kemudahan penggunaan adalah fokus utama dari Baccus. Tim MakeMac sudah mencoba Bacuss dan ingin berbagi reviewnya kepada kamu semua Sahabat MakeMac.

Mengenal Bacuss

Tampilan Baccus terdiri dari 2 bagian, Sidebar untuk mode Restore, Search dan juga melihat list folder Backup. Sedangkan sisi kanan adalah bagian utama dan beberapa pengaturan lain serta tentunya tombol Backup.

Pertama kali menggunakan Baccus, kamu hanya perlu memilih folder Destination atau sebuah folder kosong untuk meletakkan cadangan data. Bisa di flash drive, hard disk eksternal atau NAS dan hard disk nirkabel di rumah misalnya. Setelah Destinations, silahkan pilih Source yaitu folder dokumen yang ingin kamu cadangkan. Jika sudah selesai, saatnya melakukan beberapa pengaturan.

Pengaturan dan Cara Menggunakan Bacuss

Pengaturan yang disediakan untuk mode Backup bisa dibilang cukup lengkap. Seperti penjadwalan Backup setiap beberapa jam sekali, menyimpan data yang sudah berganti atau dihapus hingga berapa hari atau bahkan catatan dari setiap waktu backup yang kamu lakukan. Lengkap ya!

Tim MakeMac sudah mencoba Baccus dan hasilnya sangat menarik. Sebagai contoh, saya membuat backup dari puluhan foto untuk awalan. Setelah itu beberapa foto tadi saya hapus dari komputer Mac dan kembali membuat Backup di Baccus. Hasilnya adalah sebuah folder baru di bagian Destination bernama __removed yang berisi data tadi. Dengan cara ini saya bisa melihat ulang foto yang terhapus secara tidak sengaja atau lainnya.

Sayangnya mode Restore di Baccus masih perlu ditingkatkan lagi. Kamu harus mengetik minimal 3 karakter nama dari dokumen yang ingin diambil kembali. Setelah itu silahkan tekan tombol Restore dan tentukan folder tujuan yang kamu pilih. Cara manual yang dapat digunakan untuk melihat data di Backup kamu adalah melalui Finder seperti penjelasan saya pada paragraf sebelumnya ya.



Contoh Penggunaan Bacuss

Karena sifat multiple backup yang digunakan, kamu dapat membuat Baccus bekerja dengan fleksibel dan sesuai kebutuhan. Contohnya adalah membuat sebuah Destinations bernama Office Backup untuk semua data kantor yang terhubung ke Hard Disk nirkabel di kantor. Setelah itu buat lagi sebuah Destinations baru bernama Family Backup untuk semua data pribadi kamu yang ada di komputer Mac – dengan Hard Disk yang ada di rumah dan melakukan backup setiap akhir pekan. Atau mungkin kamu punya ide backup lain?

Segera Cobain Bacuss Ya!

Baccus mengklaim proses Backup yang selalu berjalan lancar di belakang layar, tanpa repot dan lebih cepat dari Time Machine buatan Apple. Dengan kecepatan hingga 15x lebih ngebut, akses cepat di Menu Bar dan tanpa perlu menekan tombol apapun untuk memulai Backup, Bacuss patut menjadi aplikasi yang dapat kamu andalkan!

Tertarik mencoba? Baccus tersedia secara Free Trial (30 hari) dan bisa kamu beli dengan harga $19.99. Silahkan akses dari tombol di bawah ini ya.

Download Baccus






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar