Badan Siber Nasional Ditargetkan Berdiri di Januari

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan Presiden Joko Widodo sudah menyetujui pembentukan Badan Siber Nasional (Basinas). Basinas ditargetkan terbentuk bulan ini.

“Bulan ini kita harapkan dapat terbentuk (Basinas),” kata Wiranto saat jumpa pers di City Tower, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Wacana dibentuknya Basinas diungkapkan Wiranto saat rapat terbatas di Istana Kepresidenan. Basinas dibentuk dengan alasan Indonesia menjadi negara terbesar yang kerap terkena kejahatan siber.

“Sementara ini memang Presiden sudah setuju dalam rapat terbatas di Istana bahwa kita akan meresmikan Basinas. Dari informasi, Indonesia termasuk paling besar sasarannya di dunia. Kalau tidak bisa diproteksi, maka terjadi kekacauan,” ungkap Wiranto.

“Misal e-commerce, perbankan, perdagangan, bursa saham, pasar, peradangan online semua lewat internet. Kalau ada serangan yang nggak bisa kita atasi, ini kan merusak perekonomian masyarakat, maka kita dirikan Basinas,” sambungnya.

Rencananya, Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan dijadikan embrio pembentukan Basinas. Basinas akan memperkuat fungsi Lemsaneg.

“Sebagai embrio, Lemsaneg akan kita empowering. Akan kita perkuat,” jelas Wiranto.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyiapkan 50 orang ahli IT untuk Badan Siber Nasional. Mereka dilatih untuk menangkal ancaman siber dari dalam dan luar negeri.

“Kita sudah sekolahkan 50 orang ahli IT. Kita latih dia bela negara 6 bulan karena dia akan pegang rahasia negara, jadi bela negara yang kuat,” ujar Menhan Ryamizard Ryacudu kepada wartawan di kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (5/1). (dkp/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar